KPU Tulang Bawang Barat Buka Penerimaan PPK dan PPS

- 24 April 2024, 20:12 WIB
Novi, Ketua Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Tubaba
Novi, Ketua Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Tubaba /ist

PESAWARAN INSIDE – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Tulangbawang Barat membuka penerimaab calon anggota panitia pemilihan kecamatan (PPK) dan panitia pemungutan suara (PPS) sebagai penyelenggara pemilihan Bupati dan Wakil Bupati  2024.

Demikian dikatakan Novi, Ketua Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Tubaba, dihubungi Rabu 24 April 2024. 

Dia menjelaskan, Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota 2024 serentak dilaksanakan pada Rabu 27 November 2024.

“Sesuai Keputusan KPU Nomor 476 Tahun 2024 tentang Metode Pembentukan Panitia Pemilihan Kecamatan dan Panitia Pemungutan Suara Dalam Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2024 bahwa seleksi badan ad hoc PPK PPS ini akan dilaksanakan dengan mekanisme seleksi terbuka,” kata Novi lagi.

Ia mengatakan, pendaftaran PPK dibuka pada 23-29 April, bila jumlah pendaftar belum mencukupi diperpanjang dari 30 April sampai 2 Mei 2024. Selanjutnya, pengumuman hasil seleksi pada 15 Mei dan dilantik pada 16 Mei 2024.

“Seleksi terbuka, artinya setiap warga negara yang memenuhi persyaratan berhak untuk mendaftarkan diri sebagai PPK maupun PPS,” ujar Novi.

Selanjutnya, masih kata dia, pembentukan panitia pemungutan suara (PPS) dalam penyelenggaraan pemilihan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati, serta wali kota dan wakil wali kota 2024, yakni dari 2-8 Mei, pengumuman hasil seleksi pada 19-20 Mei dan dilantik pada 26 Mei 2024.

“Semua bisa mendaftar, termasuk anggota PPS pada Pemilu 2024,” katanya.

Novi mengatakan bahwa mekanisme pendaftaran, pelamar dapat mendaftar melalui laman https://siakba.kpu.go.id dengan memperhatikan persyaratan umum sesuai Peraturan KPU Nomor 8 Tahun 2022.

Halaman:

Editor: Isbedy Stiawan ZS


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah