Wakil Bupati Lampung Tengah, Ardito Wijaya, mewakili Bupati Lampung Tengah, Musa Ahmad

- 13 Mei 2024, 11:45 WIB
/

PESAWARAN INSIDE - Wakil Bupati Lampung Tengah, Ardito Wijaya, mewakili Bupati Lampung Tengah, Musa Ahmad, melepas Calon Jamaah Haji Kloter 6 Asal Kabupaten Lampung Tengah. Acara tersebut berlangsung pada hari Minggu di Halaman Rumah Dinas Wakil Bupati. Hadir dalam kesempatan tersebut Kepala Kantor Kementerian Agama Lampung Tengah, Pj. Sekretaris Daerah, Asisten, Staf Ahli, Kepala Perangkat Daerah, Ketua Bazans, Ketua TP.PKK, dan Para Calon Jamaah Haji yang berjumlah 385 orang, terbagi dalam 10 rombongan dengan masing-masing rombongan beranggotakan 40 orang.

Dalam laporannya, Kepala Kantor Kementerian Agama Lampung Tengah, H. Maryan Hasan, S.Ag., M.Pd.I, menyatakan bahwa pada tahun 2024 M/ 1445 H, Kabupaten Lampung Tengah mendapatkan kuota sebanyak 1330 Calon Jamaah Haji. Dari jumlah tersebut, terdapat 1 orang yang meninggal dunia dan 9 orang menunda keberangkatan, sehingga total yang berangkat tahun ini adalah 1320 orang, dengan rincian 616 laki-laki dan 704 perempuan, yang dibagi dalam 4 kloter, yaitu Kloter 6, Kloter 23, Kloter 26, dan Kloter 36. Jamaah Haji termuda berusia 19 tahun, sementara yang tertua berusia 94 tahun. Jamaah Haji juga telah mendapatkan bimbingan yang diadakan secara massal tingkat kabupaten dan di masing-masing wilayah kecamatan.

Dalam sambutan yang dibacakan oleh Sekretaris Daerah Lampung Tengah, Kusuma Riyadi, Bupati Lampung Tengah, Musa Ahmad, menyatakan bahwa Ibadah Haji merupakan Rukun Islam ke-5 yang minimal dilaksanakan sekali dalam seumur hidup bagi muslim yang mampu secara materi, fisik, dan mental. Bupati mengingatkan calon jamaah haji untuk mensyukuri dan memanfaatkan kesempatan yang baik ini dengan menjaga ketahanan fisik dan mental, serta menjauhi larangan-larangan yang dapat mengurangi ibadah dalam melaksanakan ibadah Haji, sehingga sepulangnya dari tanah suci dapat menyandang gelar Haji dan Hajjah yang Mabrur dan Mabrurah.

Sementara itu, Wakil Bupati Lampung Tengah, Ardito Wijaya, berharap agar pelayanan Haji tahun 2024 dapat berjalan dengan baik. Beliau berharap seluruh jamaah dapat menjalankan ibadah yang wajib maupun sunnah dengan baik, sehingga dapat menjadi Haji yang Mabrur dan Mabrurah. Hal ini diharapkan dapat membantu masyarakat Lampung Tengah menjadi orang-orang yang baik dan bermasyarakat di lingkungannya.***

Editor: Arief Mulyadin


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah