Temukan Speedboat Terdampar, Lantamal III Jakarta Amankan 28 Imigran Gelap

- 1 Juli 2024, 22:10 WIB
Dan Unit Intel Lanal Bandung dan Danposal Pelabuhan Ratu saat melakukan pengawasan dan pengamanan terhadap puluhan terduga imigran gelap, pada Senin 01 Juli 2024.
Dan Unit Intel Lanal Bandung dan Danposal Pelabuhan Ratu saat melakukan pengawasan dan pengamanan terhadap puluhan terduga imigran gelap, pada Senin 01 Juli 2024. /Wahyudin/Dispen Lantamal III Jakarta
PESAWARAN INSIDE - Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) III Jakarta Brigjen TNI (Mar) Harry Indarto, S.E., M.M. memberikan apresiasi yang tinggi kepada Pos TNI Angkatan Laut (Posal) Ujung Genteng dan Posal Pelabuhan Ratu jajaran Lanal Bandung beserta aparat gabungan dari Polsek Tegalbulet.
 
Apesiasi ini atas keberhasilan menemukan speedboat terdampar di Pantai Keusik Urug Muara Cikaso, Desa Buniasih, Kecamatan Tegalbulet, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, pada Minggu 30 Juni 2024, berikut mengamankan dua puluh delapan terduga imigran gelap beserta dua warga negara Indonesia sebagai nahkoda dan anak buah kapal (ABK).
 
" Ya, total ada 30 orang terdiri dari 2 orang warga negara Indonesia (WNI) sebagai nahkoda dan anak buah kapal (ABK) speedboat serta 28 warga negara asing (WNA) terduga imigran gelap dengan keterangan 23 warga negara Bangladesh, 4 warga negara Cina dan 1 warga negara India," jelas Brigjen TNI (Mar) Harry Indarto, dalam keterangannya, Senin 01 Juli 2024.
 
Danlantamal III Jakarta juga menjelaskan, 
tindakan selanjutnya yang dilaksanakan TNI Angkatan Laut dalam hal ini Lanal Bandung adalah melaksanakan koordinasi dengan Polres Sukabumi dan Imigrasi Sukabumi.
 
" Mendata para terduga imigran gelap, melaksanakan monitoring tes urine dengan hasil negatif, dan melaksanakan pengamanan terhadap speedboat yang digunakan," jelasnya.
 
Kemudian, sambung Brigjen TNI (Mar) Harry Indarto, melaksanakan pengawasan dan pengamanan kegiatan serah terima terduga imigran gelap tersebut dari Polres Sukabumi kepada Imigrasi Sukabumi.
 
" Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Minggu tanggal 30 Juni 2024 Pukul 14.30 WIB bertempat di Polres Sukabumi,  disaksikan oleh Dan Unit Intel Lanal Bandung dan Danposal Pelabuhan Ratu," ucapnya.
 
Lebih dari itu, Danlantamal III Jakarta menerangkan sebelumnya hasil informasi yang didapat dari Danposal Ujung Genteng Letda Laut (E) Ayi Jalaludin dan Danposal Pelabuhan Ratu Letda Mar D.C. Amiarso.
 
" Kronologis kejadian ini berdasarkan hasil pendalaman terhadap nahkoda speedboat adalah kejadian bermula pada hari Kamis tanggal 13 Juni 2024 Pukul 00.00 WIB di perairan wilayah Cilacap Jawa Tengah berangkat membawa sebanyak 28 WNA dengan menggunakan speedboat," terangnya.
 
Kemudian, lanjut Danlantamal III Jakarta kembali memastikan pada hari Sabtu tanggal 29 Juni 2024 sekitar Pukul 14.00 WIB speedboat terdampar di Pantai Keusik Urug Muara Cikaso dan akhirnya sekitar pukul 16.00 WIB berhasil diamankan sebanyak 30 orang.
 
" Terdiri dari 2 orang warga negara Indonesia (WNI) sebagai nahkoda dan anak buah kapal (ABK) speedboat serta 28 warga negara asing (WNA) terduga imigran gelap dengan keterangan 23 warga negara Bangladesh, 4 warga negara Cina dan 1 warga negara India," pungkasnya. ***

Editor: Wahyudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah