Sebanyak 648 Petugas Lapas di Lampung Ikuti Pelatihan FMD

- 25 April 2024, 19:43 WIB
Sebanyak 648 petugas pemasyarakatan di Lampung mengikuti pelatihan Fisik, Mental, dan Disiplin (FMD).
Sebanyak 648 petugas pemasyarakatan di Lampung mengikuti pelatihan Fisik, Mental, dan Disiplin (FMD). /ist

PESAWARAN INSIDE – Sebanyak 648 petugas pemasyarakatan di Lampung mengikuti pelatihan Fisik, Mental, dan Disiplin (FMD). Kegiatan berlangsung di Lapangan Sekolah Polisi Negara Polda Lampung selama 6 hari, dimulai Senin 22 April 2024.

Pelatihan yang dilaksanakan dalam dua gelombang. Setiap gelombang berlangsung selama 6 hari.

Kegiatan ini dilaksanakan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Provinsi Lampung bekerja sama dengan Kepolisian Daerah Lampung untuk memperkuat disiplin para petugas di Lembaga Pemasyarakatan dan Rumah Tahanan Negara di seluruh wilayah Lampung.

Kepala Kanwil Kemenkumham Lampung, Dr. Sorta Delima Lumban Tobing mengatakan kegiatan FMD ini bertujuan mempersiapkan dan  melatih kesiapan serta  kapasitas petugas pemasyarakatan agar mampu mengemban tugas dan tanggung jawabnya terlebih dalam menjaga keamanan narapidana dan tahanan di seluruh Lapas dan Rutan.

Pelatihan FMD ini diharapkan mampu memberi bekal kepada petugas pemasyarakatan untuk memperoleh keterampilan terutama dalam hal penjagaan  keamanan,” ujar Sorta kepada media, Kamis 25 April 2024.

Sinergi kegiatan pelatihan FMD antara Kanwil Kemenkumham Lampung dengan Polda Lampung ini merupakan pertama kali terjadi. Sebelumnya  kegiatan pelatihan FMD ini dilakukan secara mandiri di masing-masing Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kanwil Kemenkumham Lampung.

Sorta mengatakan, pelatihan FMD petugas pemasyarakatan kali ini dilaksanakan di SPN  Polda Lampung karena secara legitimasi sudah diakui bahwa kepolisian mempunyai kapasitas dalam hal penjagaan keamanan masyarakat sehingga hal-hal secara teknis dibutuhkan oleh petugas pemasyarakatan.

“Kami sangat berbangga dan berbesar hati kalau petugas kami pun punya keterampilan, setidaknya belajar sedikit dari  kepolisian Polda Lampung,” ungkapnya.

Saya berharap kerja sama dengan Polda Lampung ini membuka link dan sinergi, sehingga jika dalam lembaga pemasyarakatan perlu ada peningkatan kapabilitas dan kapasitas terkait kemampuan untuk menjaga keamanan, kita bisa langsung dapat sambutan kerja sama,” ujar Soerta.

Halaman:

Editor: Isbedy Stiawan ZS


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah