Sinergi Kemenkumham dan Polda Lampung Perkuat Kapasitas Petugas Pemasyarakatan

- 25 April 2024, 16:08 WIB
/

PESAWARAN INSIDE- Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kanwil Kemenkumham) Provinsi Lampung bersama Kepolisian Daerah (Polda) Lampung menjalin sinergi yang kuat untuk meningkatkan kapasitas fisik, mental, dan disiplin para petugas pemasyarakatan di wilayah Lampung.

Sebanyak 648 petugas pemasyarakatan dari seluruh Lampung telah mengikuti Pelatihan Fisik, Mental, dan Disiplin (FMD) yang berlangsung di Lapangan Sekolah Polisi Negara (SPN) Polda Lampung sejak Senin, 22 April 2024. Kegiatan ini dibagi dalam dua gelombang, masing-masing berlangsung selama 6 hari.

"Kegiatan FMD ini bertujuan mempersiapkan dan melatih kesiapan serta kapasitas petugas pemasyarakatan agar mampu mengemban tugas dan tanggung jawabnya, terutama dalam menjaga keamanan narapidana dan tahanan di seluruh Lapas dan Rutan," ungkap Dr. Sorta Delima Lumban Tobing, Kepala Kanwil Kemenkumham Lampung.

Menurutnya, pelatihan ini penting untuk memberi bekal kepada petugas pemasyarakatan dalam memperoleh keterampilan, terutama dalam hal penjagaan keamanan. "Kami berharap kerja sama dengan Polda Lampung membuka link dan sinergi, sehingga jika dalam lembaga pemasyarakatan perlu ada peningkatan kapabilitas dan kapasitas terkait kemampuan untuk menjaga keamanan, kita bisa langsung mendapatkan sambutan kerja sama," tambahnya.

Pelatihan FMD ini juga menjadi yang pertama kali dilakukan secara bersama antara Kanwil Kemenkumham Lampung dengan Polda Lampung. Sebelumnya, pelatihan dilakukan secara mandiri di masing-masing Unit Pelaksana Teknis Kanwil Kemenkumham Lampung.

"Pelatihan kali ini dilaksanakan di SPN Polda Lampung karena secara legitimasi sudah diakui bahwa kepolisian mempunyai kapasitas dalam hal penjagaan keamanan masyarakat sehingga hal-hal secara teknis dibutuhkan oleh petugas pemasyarakatan," jelas Sorta.

Upacara pembukaan kegiatan FMD pada Senin (22/4/2024) mengambil tema: “Bumikan 3+1 Sumber Daya Manusia Pemasyarakatan“. Acara ini dihadiri oleh Kakanwil Kemenkumham Lampung, Dr. Sorta Delima Lumban Tobing; Wakapolda Lampung, Brigjen Dr. Ahmad Ramadhan; serta Kepala SPN Polda Lampung, Kombes Erik Ferdinand. Turut hadir juga Pimpinan Tinggi Pratama Kanwil Lampung dan seluruh Kepala UPT Pemasyarakatan se-Lampung.

"Dilaksanakannya kegiatan FMD ini bertujuan untuk meningkatkan ketangguhan fisik, mental, dan disiplin, peningkatan ketahanan, dan kepatuhan respons insan Pemasyarakatan dalam menjalankan fungsi pemasyarakatan melalui penerapan program Bumikan 3+1 SDM Pemasyarakatan," tutup Sorta dalam amanatnya sebagai inspektur upacara.***

Editor: Arief Mulyadin


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x