Pemkab Lampung Selatan Kembali Raih Opini Wajar Tanpa Pengecualian dari BPK RI

- 4 Mei 2024, 11:53 WIB
/

PESAWARAN INSIDE- Prestasi gemilang kembali diraih oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan dengan meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun 2023 dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Provinsi Lampung. Prestasi ini merupakan yang ke-8 secara berturut-turut, menegaskan konsistensi Pemkab Lampung Selatan di bawah kepemimpinan H. Nanang Ermanto.

Penghargaan bergengsi ini diserahkan langsung oleh Ketua BPK RI Provinsi Lampung, Masmudi, kepada Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto, di Ruang Auditorium, Kantor BPK Provinsi Lampung pada Jumat, 3 Mei 2024.

Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Pemkab Lampung Selatan, Wahidin Amin, menyatakan bahwa Lampung Selatan adalah salah satu dari lima kabupaten/kota yang meraih opini WTP murni tanpa catatan dari total 11 kabupaten/kota yang mendapatkan opini WTP.

“Dari 11 kabupaten/kota yang mendapat opini WTP, kita salah satu dari 5 kabupaten/kota yang mendapatkan opini WTP murni. Sementara, 6 kabupaten/kota lainnya mendapatkan opini WTP dengan penekanan atau WTP PSH,” ungkap Wahid.

Wahidin Amin menjelaskan bahwa keberhasilan ini adalah hasil dari perencanaan dan realisasi belanja yang sesuai dengan kemampuan keuangan, tidak mengalami defisit, dan penggunaan dana yang earmark seperti Dana Alokasi Khusus (DAK), Dana Alokasi Umum (DAU), dan Sumber Dana Lainnya.

“Alhamdulillah, Pemkab Lampung Selatan mendapatkan opini WTP 8 kali berturut-turut sejak tahun 2016, termasuk 3 kali berturut-turut pada periode RPJMD Tahun 2021-2026,” tambahnya.

Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto, menyampaikan rasa syukurnya dan mengapresiasi kinerja seluruh jajaran Pemkab Lampung Selatan atas prestasi tersebut. Ia berharap penghargaan ini dapat menjadi pemicu semangat untuk terus meningkatkan perencanaan dan realisasi anggaran belanja ke depan.

“Alhamdulillah kita mendapatkan opini WTP delapan kali berturut-turut, ini sangat luar biasa dan patut diapresiasi. Terima kasih kepada seluruh jajaran pemerintahan atas kinerja baiknya,” ujar Nanang.***

Editor: Arief Mulyadin


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah