Bergulirnya Roda Mutasi: Dua Kasat dan Enam Kapolsek di Bandar Lampung Melangkah ke Peran Baru

- 4 Mei 2024, 11:16 WIB
/

PESAWARAN INSIDE- Dalam sebuah seremoni yang kental dengan nuansa perubahan, dua Kepala Satuan (Kasat) dan enam Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) di Bandar Lampung resmi melangkah ke babak baru dalam karier mereka. Serah terima jabatan (sertijab) yang berlangsung di lapangan Mapolresta setempat pada Jumat kemarin menjadi saksi bisu atas pergantian tersebut.

Menggantikan posisi sebelumnya, enam Kapolsek yang terlibat dalam sertijab antara lain adalah Kapolsek Telukbetung Selatan, Kapolsek Kedaton, Kapolsek Tanjungkarang Timur, Kapolsek Tanjungkarang Barat, Kapolsek Panjang, dan Kapolsek Kemiling. Sementara itu, dua jabatan Kasat yang berganti tangan adalah Kasat Binmas dan Kasat Intelkam.

Tidak hanya menjadi simbolisasi formal, upacara tersebut juga menjadi momentum penting dengan pengambilan sumpah jabatan dan penandatanganan berbagai dokumen administratif seperti berita acara serah terima jabatan dan pakta integritas.

Menyampaikan apresiasinya, Kombes Pol Abdul Waras, Kapolresta Bandar Lampung, menegaskan bahwa mutasi ini adalah langkah yang biasa dalam dinamika Polri. "Ini adalah bagian dari promosi jabatan dan penyegaran di lingkungan Polri," katanya dalam pernyataan resmi.

Abdul Waras juga menekankan pentingnya pengalaman yang dimiliki oleh pejabat lama untuk membimbing dan memberikan masukan kepada pejabat baru. "Para pejabat lama diharapkan dapat memberikan panduan yang berharga dalam pelaksanaan tugas sehari-hari kepada pejabat yang baru," tambahnya.

Pelaksanaan mutasi ini sesuai dengan Telegram Kapolda Lampung Nomor : ST/213/IV/KEP/2024 tanggal 17 April 2024, yang merinci perubahan dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan Polda Lampung.

Adapun pergeseran jabatan mencakup beberapa pejabat yang sebelumnya bertugas di Polresta Bandar Lampung. Kompol Adit Priyanto, misalnya, dari Kapolsek Telukbetung Selatan naik jabatan sebagai Kasi BPKB Subditregident Ditlantas Polda Lampung, sementara Kompol Enrico Donald Sidauruk mengisi posisinya sebagai Kanit 1 subdit 2 Ditreskrimum Polda Lampung.

Kompol Try Maradona, Kapolsek Kedaton, kini menempati posisi baru sebagai Kanit 1 Subdit 3 Ditreskrimsus Polda Lampung, dengan digantikan oleh AKP Budi Harto dari Polres Tanggamus. Begitu seterusnya, pergantian jabatan tersebut membentuk sebuah dinamika yang tak terhindarkan dalam struktur kepolisian.

Mutasi jabatan, bagaimanapun, bukanlah sesuatu yang dianggap luar biasa dalam organisasi. Sebaliknya, hal tersebut merupakan sebuah kebutuhan untuk pembinaan karier anggota Polri, sejalan dengan evolusi organisasi serta pengembangan kapabilitas dan pengalaman anggota itu sendiri.***

Editor: Arief Mulyadin


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah