Cegah Kecurangan Pengisian BBM Jelang Mudik Lebaran, Polres Lampung Utara Cek SPBU

- 30 Maret 2024, 03:36 WIB
Polres Lampung Utara mengecek sejumlah SPBU cegah kecurangan menjelang mudik Lebaran
Polres Lampung Utara mengecek sejumlah SPBU cegah kecurangan menjelang mudik Lebaran /iwanes/

PESAWARAN INSIDE –  Polres Lampung Utara melakukan pengecekan stok bahan bakar minyak (BBM) dan akurasi takaran mesin pompa serta kemungkinan BBM tercampur air.

Pengecekan tersebut dilakukan di sejumlah stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) di Kabupaten Lampung Utara, Jumat 29 Maret 2024.

Kapolres Lampung Utara, AKBP Teddy Rachesna, S.H., S.I.K., M.Si., mengatakan bahwa kegiatan itu dilakukan untuk memastikan akurasi takaran mesin pompa pengisian BBM sesuai dasar transaksi perdagangan. Juga memastikan semua SPBU melayani masyarakat dengan baik.

“Pengecekan dilakukan untuk antisipasi terjadinya kecurangan dan kelangkaan BBM jelang mudik Lebaran 1445 H,” kata Kapolres.

Ia menjelaskan, pengecekan dilakukan di SPBU jalan Sukarno Hatta dan SPBU 24.345.19 Desa Bandar Kagungan Raya Abung Selatan.

“Sudah dilakukan pengecekan dispenser yang ada di SPBU tersebut. Hasilnya setelah dilakukan kalibrasi masing-masing dispenser SPBU sesuai standar tera sah dan segel dalam keadaan baik," ucap AKBP Teddy.

Menurut dia, pemeriksaan akan digelar rutin untuk melindungi masyarakat dari kecurangan, terutama ketika arus mudik lebaran nanti.

Kapolres mengimbau, pada pengusaha SPBU agar tidak mengutak-atik takaran di mesin pompa BBM, serta menjamin bahan bakar tidak tercampur air maupun kontaminasi lainnya.

“Kami tidak segan-segan memberikan sanksi tegas, seperti penyegelan dan pidana jika ditemukan pengusaha SPBU mencurangi meteran pengisian BBM,” katanya.***

Editor: Isbedy Stiawan ZS


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x