5 Cara Pencegahan Narkoba pada Anak yang Perlu Diketahui Orang Tua

- 8 Mei 2024, 17:40 WIB
/

PESAWARAN INSIDE- Saat ini peredaran narkoba di kalangan remaja sudah berada dalam tahap mengkhawatirkan. Berikut 5 cara pencegahan narkoba pada anak yang perlu diketahui orang tua, untuk menekan lebih banyak pengguna narkoba di kalangan remaja.

Terlebih lagi, tiap tahun jumlah pengguna narkoba di kalangan remaja terus bertambah dengan peningkatan angka yang sangat signifikan. Tingginya kenaikan penggunaan narkoba di kalangan remaja ini bahkan belum diakumulasikan dengan banyak remaja yang harus meninggal sia-sia karena narkoba.

Dalam melakukan upaya pencegahan penggunaan narkoba di kalangan pelajar membutuhkan strategi khusus yang dilakukan mulai dari tingkatan terendah dalam hal ini lingkungan keluarga hingga ke tingkatan yang lebih tinggi yakni pemerintah dalam menyusun peraturan yang tegas terhadap peredaran narkoba.

Strategi dan upaya pencegahan narkoba di kalangan anak-anak dan remaja itu, harus dilakukan melalui langkah yang tepat khususnya dari unsur keluarga maupun sekolah yang menjadi titik awal termasuk menjadi pemicu anak mulai menggunakan narkoba.

Pencegahan narkoba pada anak itu, bisa dilakukan melalui 5 cara pencegahan berikut ini:

1. Selalu Memberikan Support pada Anak

Memberikan support pada anak dalam setiap kegiatannya menjadi langkah preventif dalam mencegah kemungkinan anak terlibat dalam narkoba. Dengan support itu pula, baik orang tua maupun guru bisa mengetahui aktivitas serta kegiatan yang ia lakukan termasuk lingkungan sosial tempatnya berkegiatan sehari-hari.

Support tersebut bisa dengan mendukung secara penuh minat dan bakat anak sembari terus memberikan arahan dan bimbingan untuk perkembangan kemampuannya. Dengan begitu, anak akan merasa termotivasi untuk memberikan prestasi melalui cara-cara yang positif.

2. Memberi Contoh yang Baik

Halaman:

Editor: Arief Mulyadin


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah