Geger Kemunculan Buaya, Satpol Airud Polres Pesawaran Koordinasi ke BKSDA Lampung

- 7 Mei 2024, 20:47 WIB
Seekor buaya sepanjang 2 meter masuk di kerambah jaring apung milik BBPBL Lampung berada di muara perairan Teluk Pandan, Kabupaten Pesawaran, Minggu malam 06 Mei 2024
Seekor buaya sepanjang 2 meter masuk di kerambah jaring apung milik BBPBL Lampung berada di muara perairan Teluk Pandan, Kabupaten Pesawaran, Minggu malam 06 Mei 2024 /pesawaran.pikiranrakyat.com/
PESAWARAN INSIDE - Geger kemunculan seekor buaya sepanjang empat (4) meter masuk kerambah milik Balai Besar Perikanan budidaya Laut) terjadi sejak malam Minggu hingga Selasa 07 Mei 2024.
 
Kapolres Pesawaran AKBP Maya Henny Hitijahubessy, S.H.S.IK., M.M, melalui Kasat Polairud Iptu Suwartono, SH menjelaskan kemunculan seekor buaya tersebut terekam dan dilaporkan langsung oleh salah satu pekerja kerambah.
 
" Atas laporan tersebut, personil Sat Polair Res Pesawaran langsung cek lokasi dan  berkoordinasi ke pihak BBPBL dan Ketua HNSI Pesawaran, serta BKSDA Lampung," ujar Kasat Polairud iptu Suwartono kepada wartawan pesawaran.pikiranrakyat.com, Selasa 07 Mei 2024.
 
 
Menurutnya, terkait itu juga telah terpasangnya banner himbauau tentunya dalam hal ini akan segera ditindaklanjuti dengan berkoordinasi ke pihak BKSDA Provinsi Lampung dengan melakukan pencegahan preventif.
 
" Untuk itu menghimbau kepada warga dan nelayan yang berusaha di laut untuk selalu waspada dan hati-hati saat melaut atau mancing di seputaran Perairan Teluk Pandan," ucap Iptu Suwartono.
 
Selain itu, tambah Kasat Polairud, dalam waktu dekat ini pihak Polres Pesawaran akan membentuk tim satgas menangani adanya kemunculan buaya di wilayah Perairan Teluk Pandan.
Anggota Satpol Airud Polres Pesawaran saat cek ke lokasi kemunculan seekor buaya di Kerambah Jaring Apung di Periairan Teluk Pandan, tepatnya seputar muara hurun dan hanura, Selasa 07 Mei 2024
Anggota Satpol Airud Polres Pesawaran saat cek ke lokasi kemunculan seekor buaya di Kerambah Jaring Apung di Periairan Teluk Pandan, tepatnya seputar muara hurun dan hanura, Selasa 07 Mei 2024
 
" Mengingat, pentingnya keselamatan nelayan, wisatawan dan aktivitas pengguna jasa angkutan laut khususnya di perairan teluk Lampung dan sekitarnya dengan adanya binatang buas (buaya,red) tersebut," pungkasnya. 
 
Salah satu penjaga Kerambah Jaring Apung BBPBL Lampung menyebutkan, penampakan buaya tersebut terjadi pada Minggu Malam sekitar Jam 21.30 tanggal 06 Mei 2027.
 
" Seekor buaya sepanjang dua (2) meter masuk ke kerambah jaring apung dan sudah menangkap seekor ikan bawal induk di jaring apung ini," ucapnya terekam dalam video berdurasi 40 detik.
 
Tahun 2023, Kemunculan Buaya di Muara Hurun Teluk Pandan Sempat Terjadi 
 
Sebelumnya, Warga Pesisir Kabupaten Pesawaran  mewaspadai kemunculan seekor buaya sepanjang 4 (empat) meter di Perairan Teluk Pandan, tepatnya seputar Muara Desa Hurun Kecamatan Teluk Pandan Kabupaten Pesawaran.
 
Kapolres Pesawaran AKBP Pratomo Widodo melalui Kasat Polairud Polres Pesawaran Iptu Suwartono membenarkan informasi tersebut atas dasar fakta- fakta diperoleh dari hasil pengumpulan bahan keterangan adanya penampakan satu (1) ekor buaya sedang berenang.
 
" Seekor buaya ini terlihat sedang berenang di seputaran Perairan Teluk Pandan, Desa Hurun Kecamatan Teluk Pandan Kabupaten Pesawaran, karena lokasinya dekat dengan pemukiman warga masyarakat setempat," jelasnya kepada wartawan, Sabtu, 17 Juni 2023.
 
Kasat Polairud Polres Pesawaran juga menyatakan, terkait kemunculan 
buaya tersebut dalam hal ini juga telah berkoordinasi dengan Kepala BKSDA (Balai Konservasi Sumber Daya Alam) Provinsi Lampung, juga berkoordinasi dengan BASARNAS (Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan) Provinsi Lampung.
 
" Untuk itu, kami menghimbau kepada warga masyarakat mewaspadai adanya kemunculan buaya tersebut, karena itu 
perlu dilakukan pembuatan banner himbauan tentang adanya hewan buas berjenis Buaya di sekitar Perairan Muara Desa Hurun Kecamatan Teluk Pandan Kabupaten Pesawaran," terangnya.
 
Kasat Polairud Pesawaran menambahkan, atas temuan itu berdasarkan laporan dari salah seorang petugas BBPBL (Balai Besar Perikanan Budidaya Laut Lampung) pada saat memberikan pakan ikan di Kerambah Jaring Apung milik BBPBL (Balai Besar Perikanan Budidaya Laut Lampung).
 
" Petugas BBPBL itu memvideokan dan melaporkan kepada kami (Petugas Polairud Polres Pesawaran,red) adanya
1 (satu) ekor Buaya sedang berenang dan terlihat pada hari Kamis 15 Juni 2023 sekira pukul 08.30 Wib. Dan kami menindaklanjuti mengecek lokasi dan berkoordinasi dengan Kepala BBPBL 
(Balai Besar Perikanan Budidaya Laut Lampung) dalam hal ini saudara Mulyanto," pungkasnya. ***

Editor: Wahyudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah