Pilkada Pesisir Barat 2024 Munculkan Nama Septi Istiqlal, Dedi Irawan dan Ali Yudiem

- 25 April 2024, 12:30 WIB
/

PESAWARAN INSIDE- Meskipun mulai banyak nama kandidat yang bermunculan, namun hingga kini setidaknya terdapat tiga nama di Pilkada Pesisir Barat yang mulai muncul, mereka yakni; Septi Istiqlal, Dedi Irawan dan Ali Yudiem.

Septi Istiqlal adalah istri dari Bupati Pesisir Barat Agus Istiqlal yang sudah tak bisa lagi mencalonkan diri karena sudah dua periode.

Septi kemungkinan besar akan maju melalui Partai NasDem. Peluang itu terbuka lebar, sebab NasDem merupakan partai dengan perolehan kursi terbanyak hasil Pileg 2024. NasDem memperoleh 7 dari 25 kursi DPRD Pesisir Barat.

Dengan perolehan itu, NasDem tidak perlu berkoalisi dengan partai lain karena syarat mengusung paslon bupati dan wakil bupati di kabupaten itu minimal memiliki lima kursi di DPRD.

Kemudian, ada nama Dedi Irawan, Ketua DPC Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kabupaten Pesisir Barat. Mantan anggota DPRD periode 2014-2019 tersebut berlatar pengusaha hasil bumi.

Dedi berpeluang besar maju melalui PPP, terlebih perolehan kursi PPP pada Pileg 2024 terbilang bagus, yaitu empat kursi atau merata di empat dapil. PPP mesti berkoalisi untuk memenuhi syarat minimal lima kursi.

Nama Ali Yudiem juga tak bisa dipandang remeh. Ketua DPC PKB Pesisir Barat yang juga Wakil Ketua Dua DPRD Pesisir Barat ini juga tengah bersiap untuk mengikuti Pilkada Pesisir Barat.

Meski demikian, masih banyak nama-nama kandidat lain yang juga memiliki peluang yang sama untuk maju di Pilkada Pesisir Barat, seperti;
Sudirman D Hury, mantan Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sumatera Selatan. Abd Kodrat, Ketua Bawaslu Pesisir Barat saat ini.

Kemudian, Rahman Kholid, Ketua DPD II Partai Golkar Pesisir Barat. Aria Lukita Budiwan mantan cabup Pesisir Barat, dan Kherlani, mantan Pj Bupati Pesisir Barat pertama, serta Qudrotul Ikhwan, mantan Pj bupati Pesisir Barat.***

Editor: Arief Mulyadin


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x