Ini 5 Dampak Penggunaan Narkoba bagi Kesehatan Remaja

- 21 Mei 2024, 20:10 WIB
/

PESAWARAN INSIDE- Dampak penggunaan narkoba yang paling fatal adalah bisa sebabkan kematian. Berikut ini 5 dampak penggunaan narkoba bagi kesehatan remaja yang perlu diketahui oleh orang tua dan keluarga.

Sudah banyak remaja yang menjadi korban sia-sia akibat narkoba. Dan, kondisinya kian hari juga kian mengkhawatirkan.

Berbagai jenis zat narkoba yang sudah merasuki tubuh pengguna narkoba itu kemudian berubah menjadi efek narkoba dalam jangka panjang pada remaja yang mempengaruhi kesehatan tubuh dan jiwanya.

Sejumlah resiko kesehatan pun akhirnya muncul dengan tingkat yang sangat mengkhawatirkan termasuk berujung pada kematian.

Berikut 5 dampak penggunaan narkoba bagi kesehatan remaja yang wajib diketahui;

1. Terganggunya Fungsi Otak

Konsumsi narkoba dalam waktu yang panjang bisa merubah sel syaraf yang ada di otak dan kemudian membuat para penggunanya mengalami gangguan dalam hal konsentrasi, daya ingat serta kemampuan berpikir.

Ia akan merasa sulit berkonsentrasi, berpikir hingga berkomunikasi karena fungsi otak sudah tak lagi bisa bekerja akibat terpengaruh berbagai zat yang terkandung dalam narkoba.

2. Kerap Mengalami Dehidrasi

Narkoba membuat elektrolit dalam tubuh menjadi tidak seimbang sehingga membuat para pengguna selalu mengalami dehidrasi. Dalam beberapa kasus pengguna narkoba yang sudah sangat parah bahkan bisa memicu efek nyeri hingga kejang.

Halaman:

Editor: Arief Mulyadin


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah