Berikut 2 Ciri Umum Remaja Pengguna Narkoba yang Perlu Diwaspadai

- 8 Mei 2024, 16:40 WIB
/

PESAWARAN INSIDE- Memahami dan mengenal setidaknya 2 ciri remaja pengguna narkoba khususnya di lingkungan keluarga menjadi hal yang penting dilakukan saat ini. Terlebih lagi, jumlah pengguna narkoba di Indonesia khususnya dikalangan remaja jumlahnya sangat signifikan.

Berdasarkan data dari Badan Narkotika Nasional (BNN) menyebutkan bahwa rata-rata setiap tahun jumlah remaja pengguna narkoba di Indonesia terus mengalami peningkatan hingga 24 persen tiap tahunnya.

Dampak turunan dari penggunaan narkoba ini tak hanya merusak kesehatan dan jiwa seorang remaja saja tapi juga bahkan sangat rentan menimbulkan dampak yang sangat fatal yakni resiko kematian akibat penggunaan narkoba.

Pengguna narkoba untuk kalangan remaja saat ini, diketahui sangat rentan terjadi ketika si anak mulai memasuki usia 15 tahun. Bahkan, pada beberapa kasus didapati kasus penggunaan narkoba pada anak yang masih berada di bawah umur.

Perubahan perilaku anak-anak yang mulai beranjak remaja, dengan tingkat pergaulan yang beragam, ditambah lagi mulai tingginya rasa keingintahuan serta rasa solidaritas pertemanannya menjadi pintu masuk utama remaja berkenalan dengan narkoba.

Mengetahui bagaimana gejala awal penyalahgunaan narkoba termasuk ciri fisik seorang anak yang mulai menggunakan narkoba menjadi langkah awal pencegahan penggunaan narkoba di kalangan remaja.

Berikut 2 ciri umum remaja pengguna narkoba yang perlu diwaspasdai;

1. Ciri Fisik

Ciri fisik menjadi salah satu tanda yang paling mudah diketahui ketika mendapati remaja yang menggunakan narkoba. Berikut ciri yang bisa dikenali ketika seorang remaja telah menggunakan narkoba, diantaranya adalah:

Halaman:

Editor: Arief Mulyadin


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah