Bantuan Beras Pangan Tahap VI di Pesawaran Mulai Didistribusikan

- 12 Juni 2024, 19:45 WIB
Kepala Dinas Ketahanan Pangan (Kadis Ketapang) Hendra Sulistianto, S.P., M.M, saat memberi keterangan kepada wartawan, Rabu 12 Juni 2024
Kepala Dinas Ketahanan Pangan (Kadis Ketapang) Hendra Sulistianto, S.P., M.M, saat memberi keterangan kepada wartawan, Rabu 12 Juni 2024 /Wahyudin/
PESAWARAN INSIDE - Bantuan Cadangan Pangan Pemerintah (CPP) untuk Bantuan Pangan dalam bentuk beras tahap VI di Kabupaten Pesawaran mulai didistribusikan sebanyak 521.470 Kg.
 
Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Ketahanan Pangan (Kadis Ketapang) Hendra Sulistianto, S.P., M.M, saat memantau pendistribusian di Kecamatan Teluk Pandan dan Kecamatan Tegineneng, pada Rabu, 12 Juni 2024.
 
" Ya, bantuan itu telah dilaksanakan sejak Januari hingga Juni 2024. Saat ini masuk tahap keenam (ke-6)," ujar Kepala Dinas Ketahanan Pangan.
 
Hendra menyebutkan, Penerima Bantuan Pangan (PBP) Tahun 2024 Kabupaten Pesawaran sebanyak 52.147 PBP tersebar di 11 kecamatan dengan jumlah bantuan sebanyak 521.470 Kg per bulannya. 
 
" Sehingga jika ditotal enam bulan, maka jumlah bantuan yang disalurkan oleh Badan Pangan Nasional (Bapanas) melalui penugas ke Perum Bulog ke Kabupaten Pesawaran itu sebanyak 3.128.820 Kg," ucapnya.
 
Bantuan Cadangan Pangan Pemerintah (CPP) untuk Bantuan Pangan dalam bentuk beras masuk tahap VI disalurkan kepada KPM di Pesawaran, dengan menerima 10 kg/bulan/KPM
Bantuan Cadangan Pangan Pemerintah (CPP) untuk Bantuan Pangan dalam bentuk beras masuk tahap VI disalurkan kepada KPM di Pesawaran, dengan menerima 10 kg/bulan/KPM
 
Hendra menjelaskan bahwa pemerintah memberikan bantuan pangan ini untuk membantu masyarakat penerima dalam rangka mengurangi beban pengeluaran.
 
" Karena itu, Pemerintah perlu memberikan jaminan atas pangan, terutama bagi masyarakat berpendapatan rendah," jelasnya.
 
Lebih dari itu Hendra mengatakan, tujuannya tersebut agar rumah tangga/keluarga selalu memiliki akses terhadap pangan pada harga dan volume yang ideal bagi kebutuhan dan kesehatannya. 
 
" Ini salah satunya adalah upaya untuk meningkatkan akses pangan bagi masyarakat adalah melalui pemberian bantuan pangan yang bersumber dari CPP," kata dia lagi.
 
Disisi lain sambung Hendra, beras merupakan kebutuhan pokok masyarakat, akan tetapi saat ini harga beras di pasaran selalu mengalami peningkatan harga yang cukup signifikan.
 
" Maka dari itu, secara tidak langsung berpengaruh terhadap peningkatan laju inflasi di Indonesia," terangnya.
 
Lebih lanjut Hendra menyampaikan dalam hal ini Bapak Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona dan Dinas Ketahanan Pangan mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada pemerintah pusat.
 
" Atas dan telah disalurkannya bantuan pangan tersebut ke Kabupaten Pesawaran berupa beras sebanyak 10 Kg per bulan untuk Keluarga Penerima Manfaat (KPM)," ucapnya.
 
"Dengan harapan bantuan ini dapat membantu mengurangi beban kebutuhan masyarakat, khususnya beras yang terus mengalami kenaikan harga," tambah Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Pesawaran itu. ***

Editor: Wahyudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah