Ledakan Tungku, Empat Pekerja PT San Xiong Steel Indonesia Terluka

- 9 Mei 2024, 16:58 WIB
/

PESAWARAN INSIDE- Keempat pekerja PT San Xiong Steel Indonesia menjadi korban ledakan tungku saat sedang menjalankan pekerjaan membakar pelat besi belas dek kapal pada hari Rabu, 8 Mei 2024.

Menurut keterangan Ketua Serikat Buruh PT San Xiong Steel Indonesia, Hadi Solihin, keempat pekerja tersebut mengalami luka bakar di seluruh tubuh dan saat ini sedang dirawat di Rumah Sakit Imanuel Bandar Lampung.

"Hari itu, mereka sedang menjalankan proses pembakaran pelat besi bekas dek kapal yang memiliki rongga tabung. Tiba-tiba, pelat besi yang memiliki rongga tabung itu meledak di atas tungku," ujar Hadi pada hari Kamis, 9 Mei 2024.

Hadi menjelaskan bahwa pekerja sedang membakar pelat besi dengan suhu panas mencapai 1.500 derajat.

"Pelat besi sudah turun ke dasar tungku dan dalam waktu singkat, terjadilah ledakan. Ledakan pertama terdengar kecil, namun ledakan kedua terdengar jauh lebih besar, seperti ban yang meledak," tambah Hadi.

"Dampak ledakan menyebabkan bahan bekas yang dibakar dan cairannya meloncat ke luar dan mengenai para pekerja," lanjutnya.

Hadi menginformasikan bahwa pihak perusahaan yang diwakili oleh HRD PT San Xiong Steel Indonesia, Clara, serta tim Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) telah datang ke Rumah Sakit Imanuel.

"HRD kami, Ibu Clara, memastikan bahwa korban akan mendapatkan perawatan yang memadai hingga sembuh. Tim dari Dinas Ketenagakerjaan juga telah memberikan bantuan," tutupnya.***

Editor: Arief Mulyadin


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah