Sempat Dipermasalahkan Netizen di Semi Final Indonesia vs Uzbekistan, Berikut Penjelasan Lengkap

- 30 April 2024, 17:35 WIB
/

PESAWARAN INSIDE- Ketika semi final Indonesia vs Uzbekistan kemarin, netizen sempat mempermasalahkan keputusan wasit yang menganggap posisi pemain Indonesia offside hingga akhirnya timnas menelan kekalahan, berikut penjelasan lengkap tentang offside dan VAR yang perlu diketahui.

Seperti diketahui pengertian offside adalah salah satu aturan sepak bola, yang terkodifikasi dalam suatu Hukum ke-11 dari Laws of the Game. Jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia berarti luar posisi.

Undang-undang FIFA juga menyatakan bahwa seorang pemain di luar area permainan atau offside, jika kemudian tersentuh bola atau menerima umpan bola dari rekan satu timnya, dengan keadaan pemain ini mendahului pemain terbelakang dari tim lawan serta saat pemain ini berada lebih dekat dengan garis gawang lawan setelah kiper.

Pada dasarnya pemain sepak bola tak diperbolehkan berada secara pasif dalam suatu area lapangan lawan saat sedang menyerang, meski diizinkan bermain secara pasif di area lapangan sesama untuk bertahan.

Berada pada posisi offside bukanlah sebuah pelanggaran. Jika offside terjadi, wasit menghentikan pertandingan serta memberi tendangan bebas secara tidak langsung kepada tim lawan dari yang dikenai offside.

Penggunaan teknologi dengan penilaian offside juga masih terus menjadi perdebatan di antara para pengamat sepak bola sampai kemudian menggunakan teknologi VAR.

Sedangkan VAR adalah Video Assistant Referee. Kemunculan VAR tentunya dilakukan untuk mengatasi kesalahan manusia dalam mengambil keputusan dalam pertandingan sepak bola, terutama pada permainan yang berjalan cepat.

Itulah penjelasan mengenai offside dan VAR yang sempat dipermasalahkan oleh netizen Indonesia ketika pertandingan semi final Indonesia vs Uzbekistan di Piala Asia 2024 yang menyalahkan keputusan wasit terhadap posisi timnas Indonesia yang dianggap offside.***

Editor: Arief Mulyadin


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah