Desa Hanura Pesawaran Locus Studi Tiru di Lampung dan Sumatera

- 30 April 2024, 09:35 WIB
Kampung Pisang Kecamatan Bumi Agung Kabupaten Waykanan usai melakukan study tiru ke Desa Hanura, Kecamatan Teluk Pandan, Kabupaten Pesawaran, Lampung pada Senin, 29 April 2024
Kampung Pisang Kecamatan Bumi Agung Kabupaten Waykanan usai melakukan study tiru ke Desa Hanura, Kecamatan Teluk Pandan, Kabupaten Pesawaran, Lampung pada Senin, 29 April 2024 /Wahyudin/

PESAWARAN INSIDE - Desa Hanura Kecamatan Teluk Pandan, salah satu desa mandiri di Kabupaten Pesawaran menjadi locus study tiru di Provinsi Lampung, dan regional Sumatera mempelajari tata kelola pemerintahan desa berbasis digital sebagai desa smart village, berjulukan desa anti korupsi, belajar ke negeri china.

 
Kali ini, Kampung Pisang Baru Kecamatan Bumi Agung, Way Kanan melakukan studi tiru di desa tersebut pada Senin 29 April 2024 setelah Desa Tarahan Kecamatan Ketibung, Lampung Selatan, sebelumnya di tahun 2023 juga Pekon Gunung Tiga Kecamatan Pugung Tanggamus, termasuk desa dari Muaro Jambi, Provinsi Jambi pada Tahun 2021 lalu.
 
" Desa Hanura Pesawaran mantap. Yang jelas kita pelajari dan memperdalami terutama management tata kelola pemerintahan desa berbabsis digital, tentunya akan kami aplikasikan di Kampung Pisang Baru, Kecamatan Bumi Agung, Waykanan," ucap Kepala Kampung Pisang Baru kepada wartawan, Senin 29 April 2024.
 
Sadat menjelaskan, selain, di management tatakelola pemerintahan desanya mantap, juga keterbukaan informasi publik yang benar-benar good governance (pemerintahan yang baik) sebagai salah satu desa anti korupsi.
 
" Jadi, ini yang akan kami adopsi untuk Kampung Pisang Baru agar bisa sama dengan Desa Hanura, Pesawaran. Selanjutnya akan kami sampaikan kepada teman-teman kepala kampung di Waykanan, agar bisa menjadi seperti Desa Hanura," jelasnya.
 
Kepala Desa Hanura Rio Remota menyampaikan terimakasih kepada Kepala Kampung Pisang Baru Kecamatan Bumi Agung Kabupaten Way kanan diberikan kepercayaan kepada Desa Hanura.
 
"  Maka dengan senang hati dan tangan terbuka untuk sama-sama ingin saling membangun desa kita masing-masing demi terwujudnya desa yang baik di Provinsi Lampung ini," ucap Rio.
 
Maka dari itu, sambung Rio, Desa Hanura ingin sekali berbagi pengalaman dan bertukar pikiran dan menjalin silaturahmi serta kekeluargaan yang luar biasa dalam studi tiru ini.
 
"  Mungkin nanti akan banyak yang kita sajikan atau apa saja yang sudah tercapai di Desa Hanura. Ini mungkin dapat menjadikan referensi untuk bisa sama-sama kita membangun dalam menjalankan roda pemerintahan desanya," jelasnya.
 
Lebih dari itu, lanjut Rio, dalam menjalankan roda pemerintahan desa itu pentingnya SDM mumpuni untuk membangun kepercayaan masyarakat desa, masyarakat kampung. Mindset nya harus dirubah, perlu berlapang dada dengan senang hati, riang gembira.
 
 " Jadikan hobi, apa yang terjadi akan menimbulkan nilai-nilai value dalam diri kita sendiri untuk bisa sama-sama membangun dan disajikan kepada masyarakat, yakin kepada Tuhan Yang Maha Esa, Allah SWT," terangnya.
 
Rio juga mengatakan, kunci utama keberhasilan membangun desa atau kampung itu adalah sumber daya manusia (SDM) karena pentingnya pendampingan dan arahan terutama aparatur desa untuk selalu bekerja sesuai tupoksi dan regulasi.
 
" Peran pentingnya SDM perangkat desa ini untuk selalu bersinergi dan saling berkoordinasi dalam melayani warga masyarakatnya dengan penuh hati, tanpa harus meminta imbalan dari masyarakat, karena perangkat desa, termasuk RT telah dibiayai oleh pemerintah, jika tupoksi nya tidak dijalankan itu pentingnya pembinaan dan arahan," jelasnya.
 
Masih Rio menambahkan, itu diterapkan di Desa Hanura, disisi lain juga meluncurkan program peduli masyarakat dalam prioritas percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem dan penurunan kasus stunting di desa.
 
" Jika masyarakat atau warga yang melahirkan atau sakit dirawat inap itu ada santunan dari pemerintahan desa Hanura, termasuk memberikan layanan kendaraan ambulance gratis, jadi aparatur desa sampai RT siap bekerja melayani sepenuh hati warganya," terangnya.
 
Desa Tarahan di Lampung Selatan Studi Tiru ke Desa Hanura Pesawaran
 
Sebelumnya, Koordinator Kabupaten (Korkab) pendamping Desa Kabupaten Lampung Selatan, Ali Citra menyebutkan, Desa Hanura kian ramai dikunjungi desa - desa lain dari lokal Lampung, regional sumatera maupun desa - desa dari pulau jawa, bahkan desa-desa di Indonesia melakukan studi tiru di Desa Hanura.
 
" Ini tentunya semenjak ditetapkan sebagai desa smart village juga Desa Anti Korupsi termasuk juga peraih kategori Peduli Keterbukaan Informasi Publik hingga kadesnya mendapat kouta belajar ke Negeri China perlu dicontoh," ucapnya saat studi Tiru di Desa Hanura, Kamis, 25 April 2024.
 
Desa Tarahan Kecamatan Ketibung, Kabupaten Lampung Selatan saat study tiru ke Desa Hanura, Kecamatan Teluk Pandan, Kabupaten Pesawaran, Lampung, Kamis 25 April 2024.
Desa Tarahan Kecamatan Ketibung, Kabupaten Lampung Selatan saat study tiru ke Desa Hanura, Kecamatan Teluk Pandan, Kabupaten Pesawaran, Lampung, Kamis 25 April 2024.
 
Menurutnya, management Tata Administrasi pelayanan Desa Hanura serba digital, maka dari itu Desa Tarahan sekarang belajar ke Desa Hanura, dan mengambil perbandingan ke desa yang lebih baik, tentunya sangat apresiasi kepada Pak Kades Tarahan punya prinsip kedepannya Desa Tarahan untuk lebih baik.
 
" Desa Tarahan untuk managemen tata kelola berbasis digital itu sudah ditiru, namun demikian juga bila dibandingkan dengan tata kelola kelurahan lebih bagus tata kelola desa, karena ini ke piawai kepala desa menjadikan desa yang baik. Itu harapan Desa Tarahan menjadi Desa Digital dengan Administrasi yang baik," tandas Ali Citra.
 
Sementara itu, Kepala Desa Tarahan Khairullah menyampaikan keinginan itu untuk mencontoh Desa Hanura maju satu langkah Desa Tarahan, mengingat saat ini Desa Tarahan masuk desa percontohan dari 256 desa di Kabupaten Lampung Selatan.
 
" Alhamdulillah Desa Tarahan masuk desa percontohan di Kabupaten Lampung Selatan. Tiga desa yang menjadi percontohan salah satunya Desa Tarahan, karena itu akan mewujudkan desa mandiri menyamakan tata kelola desa seperti Desa Hanura," pungkasnya.
 
Tahun 2023, Pekon Gunung Tiga Tanggamus Study Tiru ke Desa Hanura
 
Kepala Pekon Gunung Tiga, M. Hijrah Syah Putra mengatakan, Desa Hanura adalah desa percontohan Desa anti korupsi, sebagai desa smart village, juga berbagai prestasi diraih salah satunya Penghargaan Keterbukaan Informasi Publik (KIP).
 
" Jadi, Ini luar biasa di kepimpinan Kades Rio Remota. Karena itu menjadi cikal bakal semangat untuk mempelajari yang akan kami adopsi, tentu tidak jauh beda dengan Desa Hanura, dengan semangat  membangun dari desa untuk Indonesia," ujar Hijrah kepada wartawan media ini, Senin 17 Juli 2023.
 
Ia juga menyebutkan, pada intinya Pekon Gunung Tiga akan meniru seperti Desa Hanura, terutama penerapan Desa Anti Korupsi yang akan diimplementasi ke Pekon Gunung Tiga, termasuk berbagai fasilitas sarana berbasis digital akan di lengkapi dan diterapkan.
 
" Mengingat, Pekon Gunung Tiga sudah ada sistem, tinggal perangkat keras (hardware) yang belum ada, nanti perubahan tahun 2023 akan dilakukan agar menjadi terbaik seperti Desa Hanura," tandas Kepala Pekon Gunung Tiga itu. ***
 

Editor: Wahyudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah