Arus Balik Jalinbar Lancar, Wisatawan Pulau dan Pantai di Pesawaran Aman

- 16 April 2024, 00:18 WIB
Kapolres Pesawaran AKBP Maya Henny Hitijahubessy, S.H.S.IK., M.M saat monitoring arus lalulintas jalur wisata pesisir di Pos Pam Simpang Mutun tadi malam, setelah sebelumnya memantau kunjungan wisatawan beberapa destinasi wisata, termasuk di Pantai Klara 2, Senin 15 April 2024.
Kapolres Pesawaran AKBP Maya Henny Hitijahubessy, S.H.S.IK., M.M saat monitoring arus lalulintas jalur wisata pesisir di Pos Pam Simpang Mutun tadi malam, setelah sebelumnya memantau kunjungan wisatawan beberapa destinasi wisata, termasuk di Pantai Klara 2, Senin 15 April 2024. /Wahyudin/
 
PESAWARAN INSIDE - Puncak arus balik mudik lebaran Idulfitri 1445 hijriyah pada H+6 di jalur lintas barat (Jalinbar) ramai dan lancar, termasuk jalur wisata pesisir di Kabupaten Pesawaran meski masih ramai dikunjungi wisatawan kepulauan dan pantai hingga Senin15 April 2024 aman.
 
Kapolres Pesawaran AKBP Maya Henny Hitijahubessy, S.H.S.IK., M.M menjelaskan, arus balik mudik hingga tadi malam Pukul 02.00 WIB dini hari makin berangsur-angsur tetapi secara keseluruhan normal dan tetap lancar. Anggota tim urai tetap stand by, tetap melaksanakan pengaturan-pengaturan lalulintas.
 
" Itu saya monitor sendiri dari Pukul 00.00 WIB sampai dengan 02.00 WIB dini hari sehingga bisa terurai titik kemacetan di beberapa titik sepanjang jalur lalulintas jalan lintas barat (Jalinbar)," jelas AKBP Maya Henny Hitijahubessy, didampingi Kasat Lantas AKP Martoyo, kepada wartawan pesawaran.pikiran rakyat.com Senin malam 15 April 2024 di Pos Pam Simpang Mutun, usai pantau beberapa destinasi wisata setempat.
 
Kapolres AKBP Maya juga menyebutkan, sedangkan untuk arus lalulintas jalur wisata pesisir di Kabupaten Pesawaran masih cukup ramai, namun demikian tidak seperti kemarin. Puncak arusnya memang hari kemarin, hari ini wisatawan lokal dari wilayah Provinsi Lampung.
 
" Dan wisatawan dari beberapa daerah penyangga Lampung ini yakni Tangerang, Banten, serta Palembang, plat BG masih ada," ujarnya, turut didampingi Kepala Pospam Simpang Mutun, Aiptu M. Ismail, bersama anggota Polres Pesawaran, anggota TNI AL Yonif 9 Marinir Brigif 4 Marinir/BS, serta Dinas Kesehatan Pesawaran.
 
Untuk itu, lanjut Kapolres, seluruh arus lalulintas tidak ada kendala, semua berjalan lancar, dan tidak ada kemacetan yang berarti, tetapi secara keseluruhan semuanya berjalan normal dan lancar.
 
" Di tahun ini tidak ada kejadian-kejadian menonjol lakalantas, dan tidak ada laka laut. Jadi, kita berharap evaluasi tahun ini bertindak dan pola pengamanan ini bisa kita pakai untuk tahun-tahun kedepan," tegas AKBP Maya Henny, sebelumnya pernah menjabat Kasubbagrenmin Satbrimob Polda Banten Tahun 2015 - 2023 itu.
 
Karena itu, tambah Kapolres, sebelum operasi berjalan memang sudah koordinasi dengan Pos pam Sukamaju Teluk Betung Timur, Bandarlampung dengan terus melakukan rapat-rapat lintas sektoral.
 
" Kemudian juga berkoordinasi diinternal Polresta Bandarlampung khususnya sebagai Pos Pam Sukamaju yang memang bersinggungan langsung dengan perbatasan wilayah Pesawaran," ucapnya.
 
" Sehingga ada contraflow (sistem rekayasa,red) buka tutup jalur, yang memang kita buatkan rekayasa lalulintas supaya roda ini tetap berputar, tidak ada kemacetan," tandas AKBP Maya Henny Hitijahubessy. 
 
Pantauan dilapangan, wisatawan asal Palembang dan Pulau Jawa masih mendominasi kunjungan wisata Pulau Pahawang, Pulau Kelagian, Pulau Mahitam, dan Pantai Klara serta Pantai Bensam. Sedikitnya 900 orang berwisata Pulau tersebut melalui dermaga 1, 2, 3 dan dermaga 4, Ketapang. 
 
Sedangkan, wisata Pantai terlihat kendaraan roda empat maupun roda dua memadati lahan parkir destinasi wisata setempat. Kunjungan wisatawan Pantai Klara 1 sekitar 600 orang, Pantai Klara 2 kuranglebih 500 orang, Pantai Bensam kurang lebih 470 orang, dan Pantai Cakra kurang lebih 100 orang, Pantai Ketapang Bahari sedkitnya 100 orang di wilayah Desa Batu Menyan, Kecamatan Teluk Pandan.
 
Sementara di Kawasan Pantai Mutun terdapat kunjungan wisata di wisata MS. Town Pantai Mutun sekitar 960 orang, wisata Putri Mutun (Abdul Manan) sekitar 435 orang, dan Putra Mutun sekitar 325 orang, Pantai Kelapa Rinjing sekitar 30 orang, wisata Mangrove Cuku Nyi-nyi sekitar 20 orang, Desa Sidodadi, Kecamatan Teluk Pandan. ***

Editor: Wahyudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah