Kordinasi Penanggulangan Bencana: DPRD Tanggamus Berkunjung ke Kantor BPBD DKI Jakarta

- 14 Maret 2024, 16:43 WIB
/

PESAWARAN INSIDE- Memperkuat sinergi dalam menghadapi tantangan bencana, Pimpinan dan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tanggamus menggelar kunjungan penting ke Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi DKI Jakarta pada Senin, 26 Februari 2024. Momentum ini menjadi panggung audensi strategis guna meningkatkan koordinasi dalam penanggulangan bencana di wilayah.

Dalam sambutannya, Bapak Win Candra, perwakilan dari Kepala BPBD Provinsi DKI Jakarta, menyambut hangat kedatangan delegasi DPRD Tanggamus. Diskusi antara perwakilan DPRD Tanggamus dan BPBD DKI Jakarta mengulas beragam aspek penanggulangan bencana, terutama terkait prosedur pencegahan dan mitigasi di daerah-daerah rawan.

"Koordinasi yang efektif menjadi kunci utama dalam menghindari tumpang tindih upaya penanganan bencana. Kami bertekad untuk memastikan langkah-langkah penanggulangan dilakukan secara sinergis, baik sebelum, saat, maupun setelah bencana terjadi," ungkap Win Candra.

Win Candra juga menguraikan empat tahapan dalam siklus penanggulangan bencana, dimulai dari pencegahan dan mitigasi hingga rehabilitasi dan rekonstruksi. Penekanan pada pencegahan dan mitigasi bencana menjadi fokus utama untuk mengurangi risiko dan dampak yang mungkin timbul.

Pada kesempatan yang sama, delegasi DPRD Tanggamus juga mendapatkan pemahaman mendalam tentang tahapan kesiapsiagaan, tanggap darurat, serta langkah-langkah rehabilitasi dan rekonstruksi. Dialog ini menjadi landasan penting dalam menyusun SOP kesiapsiagaan bencana di daerah Tanggamus.

Melalui langkah-langkah preventif dan reaktif yang terkoordinasi dengan baik, diharapkan mampu meminimalkan kerugian dan memastikan perlindungan maksimal bagi masyarakat saat menghadapi ancaman bencana di masa depan. Sinergi antara DPRD Tanggamus dan BPBD DKI Jakarta menjadi cerminan komitmen bersama dalam menjaga keselamatan dan kesejahteraan warga.***

Editor: Dian Apriwanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah