Tanggamus Terima Adipura Tahun 2023, Mulyadi: Kebanggaan DLH

- 13 Maret 2024, 15:01 WIB
Adipura diterima Kabupaten Tanggamus
Adipura diterima Kabupaten Tanggamus /deni/

PESAWARAN INSIDE – Kabupaten Tanggamu menerima penghargaan Adipura 2013. Plakat Adipura tersebut diterima Pj Bupati Mulyadi Irsan.

Adipura merupakan instrumen pengawasan kinerja pemerintah kabupaten/kota dalam pengelolaan sampah dan ruang terbuka hijau (RTH) perkotaan yang bersih, teduh, serta berkelanjutan. 

Pada momentum penilaian Adipura tahun 2023 Kabupaten Tanggamus berkesempatan untuk mendapatkan penilaian dari Tim Penilai dari Kementerian LHK dan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Lampung. Karena termasuk dalam klasifikasi III sesuai dengan Permen LHK No. P.76 tahun 2019 tentang ADIPURA. 

Pasalnya, capaian kinerja pengelolaan sampah di ibukota kabupaten telah mencapai 57,97%, operasional TPA dengan sistem controlled landfill, luas Ruang Terbuka Hijau (RTH) kota <10%, dan komitmen pemerintah daerah dalam pengelolaan sampah rumah tangga telah ditunjukkan dengan adanya Peraturan Bupati Nomor 50 Tahun 2018 tentang Kebijakan dan Strategi Daerah Kabupaten Tanggamus dalam Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga (Jakstrada).

Penilaian telah dilakukan oleh Tim Penilai pada Tanggal 3 dan 4 Februari 2024 terhadap kualitas sistem pengelolaan sampah yang ada & RTH Kota. Terdapat 15 titik pantau yang dilakukan “uji petik” diantaranya permukiman Baros dan Pekon Proklim Gisting Atas, sekolah, pasar Kota Agung, pertokoan, jalan protokol dan arteri, saluran terbuka, Bank Sampah, taman kota Ir. Soekarno, hutan kota Way Lalaan, TPA Kalimiring dan seterusnya. 

Hasilnya cukup memuaskan karena pada kali pertama masuk dalam kabupaten/kota yang memenuhi kriteria untuk dinilai, Kabupaten Tanggamus langsung berhasil memperoleh plakat pada perhelatan Adipura tahun 2023 ini bersama dengan 5 kota lainnya di Indonesia.

Penghargaan ini berdasarkan surat dari Direktorat Jenderal Pengelolaan Sampah Limbah B3 Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia Nomor Un.16/PSLB3/PAS.0/2/2024 tentang Undangan Penyerahan Penghargaan Plakat Adipura 2023. 

Penghargaan Plakat Adipura diberikan kepada lokasi-lokasi tematik terbaik yang ada, dan Kabupaten Tanggamus memperoleh penghargaan atas Hutan Kota terbaik di Indonesia. 

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia memberikan penghargaan Adipura tahun 2023 kepada sejumlah daerah di Indonesia dengan berbagai kategori yaitu Adipura Kencana, Adipura, Plakat dan Sertifikat. 

Halaman:

Editor: Isbedy Stiawan ZS


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah