Kabupaten Tanggamus Raih Penghargaan Plakat Adipura Tahun 2023

- 13 Maret 2024, 13:54 WIB
/

PESAWARAN INSIDE- Kabupaten Tanggamus meraih prestasi gemilang dalam pengelolaan sampah dan ruang terbuka hijau (RTH) dengan memperoleh penghargaan Plakat Adipura tahun 2023. Program Adipura menjadi indikator penting dalam pengawasan kinerja pemerintah kabupaten/kota dalam menjaga kebersihan lingkungan.

Kabupaten Tanggamus, yang masuk dalam klasifikasi III sesuai dengan PermenLHK No. P.76 tahun 2019 tentang ADIPURA, menjalani penilaian ketat dari Tim Penilai Kementrian LHK dan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Lampung. Penilaian ini mencakup kinerja pengelolaan sampah, operasional Tempat Pembuangan Akhir (TPA), luas RTH kota, serta komitmen pemerintah daerah dalam pengelolaan sampah rumah tangga.

Penghargaan tersebut menjadi bukti keseriusan Kabupaten Tanggamus dalam menjaga kebersihan lingkungan. "Pencapaian ini akan menjadi pemacu semangat Kabupaten Tanggamus untuk lebih meningkatkan kinerjanya dalam mewujudkan diri sebagai kabupaten yang bersih, teduh, dan berkelanjutan," ujar Pj. Bupati Tanggamus, Mulyadi Irsan.

Dalam proses penilaian, Tim Penilai melakukan uji petik di 15 titik pantau yang tersebar di berbagai lokasi strategis, seperti permukiman, sekolah, pasar, pertokoan, jalan protokol, dan lainnya. Hasil penilaian memuaskan, dengan Kabupaten Tanggamus meraih Plakat Adipura bersama dengan 5 kota lainnya di Indonesia.

Acara penganugerahan penghargaan Adipura tahun 2023, yang dihadiri oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, berlangsung di Auditorium Dr. Soedjarwo, Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta Pusat pada tanggal 5 Maret 2024. Pj. Bupati Tanggamus, Mulyadi Irsan, didampingi oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tanggamus, menerima penghargaan tersebut secara langsung dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya.

Penghargaan Plakat Adipura menjadi kebanggaan tersendiri bagi Kabupaten Tanggamus, serta menjadi dorongan untuk terus meningkatkan kualitas lingkungan demi kesejahteraan masyarakat.***

Editor: Dian Apriwanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah