Bersama PATRI, Musa Ahmad Perjuangkan Percepatan Desa Menjadi Defenitif Hingga ke Pusat Membuahkan Hasil

- 15 November 2023, 19:49 WIB
/

PESAWARAN INSIDE - Bersama PATRI, Bupati Lampung Tengah Musa Ahmad dalam memperjuangkan penetapan desa defenitif akhirnya membuahkan hasil.
 
Surat yang diterbitkan melalui Deputi II Staf Kantor Kepresidenan Republik Indonesia dengan nomor : B-168/KSP/D.II.08/2023 tanggal 25 Agustus 2023 perihal penetapan Desa Definitif di Desa Way Terusan Lampung Tengah direspon oleh Bupati Lampung Tengah Musa Ahmad, dengan surat nomor 595/317/D.a.VI.08/2023 tanggal 25 September 2023.
 
Dalam suratnya Musa Ahmad menegaskan bahwa benar desa transmigrasi tersebut merupakan desa yang berada di wilayah administrasi Kabupaten Lampung tengah, warga transmigrasi di tempatkan di wilayah tersebut kurang lebih sudah 26 tahun berjalan sejak tahun 1997 sebelum reformasi sampai sekarang.
 
"Sampai saat ini belum bisa kami Definitifkan dikarenakan masih adanya permasalahan terkait salah satu pemukiman lahan milik warga yang masuk dalam kawasan register, sampai saat ini kami masih terus berkoordinasi dengan pemerintah pusat terkait status permasalahan yang ada di desa tersebut. Desa transmigrasi Way Terusan di Kabupaten Lampung tengah di tempatkan oleh pemerintah provinsi Lampung melalui program transmigrasi lokal dengan membentuk 3 satuan pemukiman, yakni  UPT SP 1 Way Terusan( Karya Makmur),UPT SP2 Way Terusan (Terusan Makmur) dan UPT SP3 Way Terusan ( Tri tunggal jaya)," kata Wilanda Rizki, selaku Sekretaris DPC Perhimpunan Anak Transmigrasi Republik Indonesia ( PATRI ) Kabupaten Lampung Tengah, Rabu 15 November 2023.
 
 
Kemudian, ia mengaku bahwa bersama masyarakat terus melakukan upaya advokasi kepada seluruh stakeholder terkait, seperti Kantor Staf Kepresidenan, Kantor Kementerian Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia untuk terus mencari solusi terbaik demi terciptanya harapan warga terkait peningkatan status desa dari desa transmigrasi kampung persiapan menjadi desa definitif.
 
"Dalam hal ini kami terus berjuang bersama tokoh masyarakat transmigrasi Way Terusan, surat yang kami kirimkan dari DPC PATRI Lampung Tengah dengan nomor: 07.B.001/DPC_PATRI/X/2023 tentang permohonan definitif, Alhamdulillah direspon pak Menteri Desa, tepat pada tanggal 19 Oktober 2023 kami bertemu dengan Menteri Desa Bapak A. Halim Iskandar, dalam kesempatan itu kami mengadu bahwa desa kami sampai detik ini belum juga ada peningkatan status di desa kami. Satu Minggu ke depan kami diminta datang kembali ke Jakarta di Kementerian Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi untuk melakukan rapat dan audiensi bersama Ditjen Pembangunan dan Pengembangan Kawasan Transmigrasi, dalam rapat tersebut kami diminta menunggu hasil kajian dan telaah dari Kementrian Desa, untuk dapat merumuskan kebijakan yang kami harapkan. Alhamdulillah tepat dua Minggu kemudian pada tanggal 8 November 2023 melalui surat Nomor 314/PKT.03.05/X/2023 perihal tanggapan surat bupati terkait Desa Way Terusan," terang Wilanda Rizki.
 
Dalam surat tersebut Ditjen Pembangunan dan Pengembangan kawasan Transmigrasi, Kementerian Desa,Daerah Tertinggal dan Transmigrasi menegaskan bahwa untuk desa-desa yang wilayahnya sudah clean and clear yakni seperti UPT SP1 Way Terusan (Karya Makmur) dan UPT SP2 Way Terusan (Terusan Makmur) sudah bisa untuk ditingkatkan status desanya menjadi desa Definitif, dengan meminta pemerintah Kabupaten Lampung Tengah untuk segera berkoordinasi dengan Ditjen Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri. Dan untuk UPT SP3 Way Terusan (Tri Tunggal Jaya) pemerintah daerah diminta segera berkoordinasi kepada Balai Pemantapan Kawasan Hutan wilayah XX Bandar Lampung, terkait wilayah pemukiman SP3 yang masuk dalam kawasan hutan register. ***
 
 
 
 
 

Editor: Rosario Sidabutar


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah