Beri Pemahaman Tentang Literasi Keuangan, Pemkab Tanggamus Jalin Kerjasama Dengan Pegadaian

- 24 Oktober 2023, 12:31 WIB
Pemkab Tanggamus lakukan seminar investasi emas muda berencana pensiun bahagia. Bekerjasama dengan pihak Pegadaian
Pemkab Tanggamus lakukan seminar investasi emas muda berencana pensiun bahagia. Bekerjasama dengan pihak Pegadaian /

PESAWARAN INSIDE - Untuk memberikan pemahaman kepada Aparatur Sipil Negara (ASN), Pemerintah Kabupaten Tanggamus jalin kerjasama dengan Pegadaian.

 
Kerjasama yang dilakukan oleh Pemkab Tanggamus bersama dengan Pegadaian ini dilakukan dengan cara melakukan seminar investasi emas muda berencana pensiun bahagia. 
 
Pada kesempatan itu, Suaidi selaku Asisten 1 Pemkab Tanggamus mengatakan, jalinan kerjasama ini juga untuk memberikan pemahaman kepada ASN untuk jangka panjang mengenai literasi keuangan. 
 
"Literasi keuangan itu sendiri adalah kemampuan memahami menggunakan keterampilan keuangan masyarakat atau ASN bisa mengatur pola keuangan yang ia terima," kata Suaidi, Selasa 24 Oktober 2023.
 
Dengan kegiatan ini, dirinya berharap para ASN dapat memanfaatkan pemasukan yang para ASN terima. Dirinya juga berharap para ASN dan masyarakat dapat bisa mengatur keuangannya masing-masing.
 
Sehingga, ketika para ASN dan masyarakat masuk di masa pensiun tabungan tersebut dapat bermanfaat bagi kehidupan masa pensiunnya. 
 
"Kita bekerjasama dengan Pegadaian dengan memberikan jasa keuangan dengan cara tabungan. Pegadaian memberikan jasa keuangan dengan melakukan investasi dengan menggunakan logam mulia," jelasnya.
 
Suaidi juga berharap, kepada para ASN di Tanggamus dapat menabung dengan cara mencicil logam mulia melalui pihak Pegadaian. 
 
Selanjutnya, ketika para ASN di masa pensiun bisa menggunakan tabungan logam mulia itu untuk memenuhi kebutuhannya sehari-hari. 
 
"Harapannya seluruh ASN bisa memanfaatkan kerjasama ini dan para ASN juga bisa mengatur keuangan mereka. Para ASN juga bisa berinvestasi logam mulia dengan mudah di Pegadaian," harapnya.
 
Disisi lain, Deni Fahreza selaku Kepala Departemen Gadai mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu literasi keuangan. Pegadaian juga dibawahi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). 
 
Deni mengungkapkan, tujuan dari kegiatan ini untuk mengedukasi masyarakat dan ASN bagaimana cara untuk menabung. Pihaknya juga memfasilitasi para ASN dan masyarakat untuk menabung dengan cara mencicil logam mulia. Saat ini kesadaran masyarakat dalam hal menabung cukup baik. 
 
"Kalau untuk masyarakat yang menabung ini menurut data yang kita miliki sudah cukup baik," ucapnya.
 
Deni menjelaskan, saat ini di Kabupaten Tanggamus hanya terdapat satu unit kerja Pegadaian. Tugas pemerintah melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait Pegadaian juga dibawahi oleh pihak OJK. 
 
Dengan sosialisasi ini diharapkan masyarakat di Kabupaten Tanggamus memiliki kesadaran yang tinggi untuk melakukan investasi di Pegadaian. Dengan adanya sosialisasi ini para ASN dan masyarakat bisa lebih bijak dalam mengelola pemasukannya. ***
 
 
 
 

Editor: Rosario Sidabutar


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x