Polres Lampung Selatan Gelar Simulasi Pengamanan Kota Menyongsong Pemilu 2024

- 21 Oktober 2023, 18:40 WIB
Polres Lampung Selatan gelar Simulasi Pengamanan Kota di Depan kantor KPUD Lampung Selatan
Polres Lampung Selatan gelar Simulasi Pengamanan Kota di Depan kantor KPUD Lampung Selatan /Ahmad Hidayat

PESAWARAN INSIDE - Polres Lampung Selatan mengambil langkah proaktif dalam mempersiapkan pengamanan tahapan pemilihan umum tahun 2024. Dalam rangka tersebut, mereka telah menggelar Simulasi Pengamanan Kota (SISPAMKOTA) yang berlangsung di depan Kantor Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Lampung Selatan, Sabtu, 21 Oktober 2023.

Simulasi ini melibatkan berbagai pihak, termasuk aparat kepolisian, Kodim 0421/LS, Brimob Polda Lampung, Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP), Linmas, dan petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

Skenario yang dijalankan dalam simulasi mencakup berbagai aspek pengamanan, mulai dari pelaksanaan kampanye, masa tenang, pemungutan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS), hingga pengamanan distribusi hasil pemilihan dan rapat pleno yang dilaksanakan di KPUD Lampung Selatan.

Kapolres Lampung Selatan, AKBP Yusriandi Yusrin, yang memimpin latihan, menjelaskan bahwa Polres Lampung Selatan telah melakukan persiapan matang untuk pengamanan pemilu pada tahun 2023 dan 2024. Simulasi SISPAMKOTA adalah bagian dari upaya mereka untuk memastikan bahwa tahapan pemilu berjalan dengan baik dan aman.

"Kami telah mempersiapkan personil dan pendukung lainnya sehingga tahapan pemilihan umum dapat berjalan dengan baik. Kita berharap semuanya berjalan dengan aman, damai, dan kondusif. Namun, jika terjadi kontingen**s**, kami sudah siap," ujar Kapolres.

Dalam peragaan simulasi pengamanan, disimulasikan penanganan dalam tiga tahap, yaitu hijau (masa damai), kuning (masa ketidakpatuhan aturan), dan merah (masa anarkis). Personil dari Brimobda Polda Lampung ikut terlibat dalam menyempurnakan strategi pengamanan.

AKBP Yusriandi Yusrin mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama mendukung kesuksesan pemilu 2024 dengan berperan aktif menjaga keamanan dan kenyamanan di lingkungannya. Masyarakat juga diharapkan dapat berkoordinasi dengan Bhabinkamtibmas (Bintara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat) setempat jika menghadapi permasalahan, sehingga masalah yang muncul bisa ditangani dengan lebih cepat.***

Editor: Arief Mulyadin


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah