Kawasan Pecinan Malioboro-nya Magelang, Menikmati Dua Wisata Sekaligus

- 24 Mei 2024, 17:10 WIB
/

PESWARAN INSIDE- Seruas jalan bernama Jalan Pemuda di pusat kota Magelang menjadi magnet baru sebagai obyek wisata bahkan dua obyek wisata sekaligus; wisata belanja dan wisata budaya yang menawarkan berbagai souvenir, batik hingga kerajinan dengan harga yang terjangkau sambil melintasi jalan yang pernah menjadi bagian dari sejarah panjang perkembangan Magelang.

Kawasan ini dikenal dengan nama kawasan Pecinan yang menjadi pusat pembelanjaan dan bisnis yang membentang sepanjang 1,5 km yang di kedua sisinya berdiri berbagai macam jenis toko, mall, kios hingga restoran dan cafe.

Kawasan Pecinan Magelang terdiri dari 2 ruas jalan. Ruas jalan yang pertama adalah ruas jalan yang diperuntukan untuk kendaraan bermotor yang merupakan jalur satu arah. Sedangkan ruas jalan yang lain merupakan jalur lambat yang digunakan untuk jalur becak dan kendaraan roda dua.

Jalan ini pada masa lalu juga pernah menjadi ruas jalan yang dilintasi oleh kereta atau trem namun pada perkembangannya akhirnya rel kereta dialihkan melalui jalur lain setelah kian berkembangnya kawasan pecinan sebagai surga belanjanya tak hanya bagi masyarakat sekitar Magelang tapi juga wisatawan domestik dan mancanegara yang berkunjung ke Magelang.

Kawasan Pecinan juga dikenal oleh wisatawan sebagai Malioboro-nya Magelang karena di tempat ini berbagai jenis souvenir yang terdiri dari pakaian, kerajinan hingga pusat kuliner terpusat di kawasan Pecinan ini.

Tak hanya itu saja, deretan restoran maupun cafe yang ada di Kawasan Pecinan ini juga terlihat eksentrik karena menempatkan pengunjungnya tak hanya sekedar menikmati menu makanan tapi juga menikmati suasana Jalan Pemuda yang ramai.

Kawasan Pecinan ini juga dikenal sebagai salah satu landmark atau ikonnya Magelang. Dengan sistem pengaturan lalu lintas yang tertata baik, khususnya arus kendaraan yang dibuat satu jalur serta ruas jalan khusus untuk pejalan kaki dan becak sehingga aman bagi pengunjungnya.

Sejak zaman penjajahan dulu, kawasan pecinan ini merupakan pusat kegiatan ekonomi di Magelang sampai pada perkembangannya saat ini, penataan kota tetap menempatkan Jalan Pemuda atau kawasan Pecinan sebagai pusat ekonomi yang lebih dikembangkan lagi tak hanya sekedar untuk masyarakat sekitar tapi juga untuk wisatawan.

Banyak toko di kawasan Pecinan yang menjual berbagai kebutuhan rumah tangga, sembako, perkakas, fashio, maupun kebutuhan sekunder dan tersier lainya. Selain itu kawasan ini juga menyediakan berbagai sajian kuliner khas Magelang maupun masakan nusantara lainya.

Halaman:

Editor: Arief Mulyadin


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah