Grojogan Sewu Kulon Progo, Menyimpan Kisah Legenda Peperangan Baratayuda

- 24 Mei 2024, 16:10 WIB
/

PESAWARAN INSIDE- Sepintas mendengar nama air terjun Grojogan Sewu yang terlintas dibenak wisatawan pasti tentang air terjun yang ada di Karanganyar, Jawa Tengah atau yang ada di Malang, Jawa Timur. Padahal ternyata air terjun ini berada di Kabupaten Kulonprogo, Yogyakarta.

Meski memiliki nama yang sama, namun air terjun Grojogan Sewu yang ada di Dusun Beteng, Desa Jatimulyo, Girimulyo, Kulonprogo ini jelas berbeda dengan dua air terjun dengan nama yang sama.

Air terjun Grojogan Sewu Kulon Progo memiliki karakter air yang unik karena berwarna biru, seolah airnya berasal dari air laut, padahal karena warna dasar air terjun yang disebabkan karena lumut membuat airnya menjadi berwarna kebiru-biruan.

Air terjun Grojogan Sewu ini memiliki ketinggian sekitar 15 meter, lokasinya yang berada di antara dua tebing batu membuat air terjun ini seolah diapit oleh dua tebing tersebut. Debit airnya pun lumayan besar terlebih di musim penghujan.

Masyarakat sekitar air terjun Grojogan Sewu percaya, bahwa tempat ini sangat terkait erat dengan legenda perang Mahabarata. Ketika itu, Prabu Kresna tidak ingin kakaknya Prabu Baladewa ikut dalam peperangan Baratayuda.

Ketika itu, Sri Kresna mencari tempat yang agak terpencil untuk mengasingkan Prabu Baladewa sehingga ia tidak mendengar peperangan tersebut. Ketika itu, Sri Kresna melihat air terjun Grojogan Sewu yang indah dengan debit air yang sangat besar sehingga mengeluarkan suara gemuruh air.

Ketika itulah Sri Kresna membawa Prabu Baladewa ke air terjun ini, dan ternyata apa yang dilakukan Sri Kresna berhasil, Prabu Baladewa sama sekali tidak mendengar Perang Baratayuda yang suaranya tenggelam akibat gemuruh suara air terjun.

Terdapat sebuah goa yang berada tidak jauh dari air terjun Grojogan Sewu yang dipercaya oleh penduduk menjadi tempat Prabu Baladewa bertapa, dan goa itu dikenal dengan nama Goa Pleret yang juga bisa dikunjungi sampai saat ini.

Terlepas dari legenda perang Baratayuda tersebut, air terjun Grojogan Sewu memiliki keindahan tersendiri jika dibandingkan air terjun lainnya.
Ketinggian Air Terjun yang Mempesona

Halaman:

Editor: Arief Mulyadin


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah