6 Cara Belajar Al-Qur’an Secara Mandiri

- 22 Mei 2024, 03:40 WIB
/

PESAWARAN INSIDE- Cara belajar Al-Qur’an secara mandiri memang lebih ditujukan untuk lebih memfasihkan cara membaca dan memahami maknanya. Cara yang bisa dilakukan pun beragam, mulai dari memahami huruf hijaiyah, memahami tanda baca dalam Al-Qur’an, menghapal murotal hingga terus berlatih dengan meluangkan waktu setiap hari.

Semua niat yang baik dan mulia ini Insya Allah akan dikabulkan oleh Allah SWT karena membaca dan memahami Al-Qur’an adalah sebagian dari ibadah yang berpahala.

Berikut 6 cara belajar Al-Qur'an secara mandiri;

1. Belajar Huruf Hijaiyah

Huruf hijaiyah adalah huruf yang ada dalam kitab suci Al-Qur’an, bagi Anda yang ingin belajar kitab suci dari awal, hal utama yang harus Anda pahami adalah belajar dan memahami tiap huruf hijaiyah untuk memudahkan Anda membaca dan melafadzkan ayat-ayat Al-Qur’an dengan mudah.

Tak perlu tergesa-gesa, karena Anda juga harus memahami cara membaca tiap huruf hijaiyah, karena cara melafadzkan huruf hijaiyah sangat berbeda dengan huruf-huruf biasa seperti alfabet.

2. Belajar Tanda Harakat

Mempelajari tanda baca atau harakat juga tak kalah pentingnya dalam belajar Al-Qur’an, karena tiap tanda baca dalam Ak-Qur’an tak hanya membedakan tiap ayat demi ayat tapi juga arti dan makna yang hendak disampaikan dalam surat maupun ayat dalam kitab suci Al-Qur’an.

Tak banyak tanda baca dalam Al-Qur’an hanya saja cara melafadzkannya harus benar-benar sesuai, dan membutuhkan teknik yang khusus. Lakukan latihan secara terus menerus secara rutin, khususnya dalam pelafadzan tanda harakat pada tiap surat.

Halaman:

Editor: Arief Mulyadin


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah