Mengunjungi dan Menikmati Kemegahan Masjid Syaikhona Kholil di Pulau Madura

- 22 Mei 2024, 03:10 WIB
/

PESAWARAN INSIDE- Masjid Syaikhona Kholil Bangkalan menjadi salah satu bangunan masjid termegah tak hanya di Pulau Madura tapi juga di Indonesia.
Masjid kebanggaan masyarakat Pulau Madura ini, dibangun sebagai bentuk penghormatan kepada Syaikhona Kholil, tokoh ulama terkemuka asal Bangkalan.

Awalnya Masjid Syaikhona Kholil masih berupa mushala milik pesantren yang diasuh olehnya. Kala itu, keberadaan mushala ini tak hanya digunakan sebagai tempat beribadah para santri tapi juga para penduduk sekitar pesantren.

Mushala yang memiliki luas 8 x 10 meter dan menyatu dengan pesantren ini berada di atas lahan seluas 3 hektar dan sudah ada bersamaan dengan pendirian Pesantren Kademangan atau Pesantren Syaikhona Kholil pada tahun 1861. Perubahannya pun berlangsung seiring dengan berkembangnya pondok pesantren Syaikhona Kholil.

Setelah Syaikhona Kholil wafat dan dimakamkan di pondok pesantrennya, intensitas kunjungan peziarah seolah tidak pernah surut. Secara otomatis kapasitas jemaah yang beribadah di mushala pesantren juga meningkat.

Hingga akhirnya, dua tahun setelah Syaikhona Kholil wafat, mushala pesantren kemudian dibangun menjadi masjid untuk pertama kalinya di tahun 1920-an. Kala itu, bentuk bangunan masjidnya juga masih sederhana, karena konsep pembangunan masjidnya kala itu lebih ditekankan untuk menampung jumlah jemaah yang hendak beribadah. Dana pembangunannya pun waktu itu berasal dari kotak amal masjid dan sumbangan para jemaah.

Proses rehabilitasi Masjid Syaikhona Kholil hingga menjadi salah satu masjid termegah di Indonesia, baru dimulai pada tahun 2003, saat Fuad Amin menjadi Bupati Bangkalan.

Prosesnya berlangsung selama setahun lebih. Desainnya pun dibuat lebih modern, dengan dua bangunan utama berupa teras atau taman yang indah serta bagian interior dan eksterior bangunan utama Masjid Syaikhona Kholil.

Selain itu, terdapat pula teras masjid yang difungsikan sebagai taman bagi para jemaah dan para peziarah yang berkunjung ke masjid itu. Fasilitas lain yang dibangun di komplek Masjid Syaikhona Kholil adalah komplek pertokoan dan lokasi parkir yang luas dan mampu menampung puluhan kendaraan termasuk bis wisatawan yang berkunjung ke masjid ini.

Patut diakui jika desain dan arsitektur Masjid Syaikhona Kholil memiliki keindahan yang luar biasa. Struktur konstruksi bangunannya juga terlihat kokoh ditambah ornamen kaligrafi yang menghiasi seluruh ruangan masjid yang dibuat dengan amat detail.

Halaman:

Editor: Arief Mulyadin


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah