Cara Klaim Uang Duka PT Taspen untuk Keluarga Pensiunan PNS yang Meninggal

- 23 Mei 2024, 14:10 WIB
/

PESAWARAN INSIDE- Bagi keluarga pensiunan PNS yang meninggal, berikut cara klaim uang duka PT Taspen untuk keluarga pensiunan PNS yang meninggal.

Taspen memberikan santunan untuk keluarga pensiunan PNS yang meninggal. Pemberian uang duka ini juga menjadi bagian dari komitmen Taspen untuk membantu keluarga pensiunan PNS yang ditinggalkan.

Dengan bantuan uang duka ini juga diharapkan bisa meringankan beban keluarga pensiunan PNS untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Selama ini diketahui, banyak ahli waris atau keluarga pensiunan PNS yang tidak mengetahui cara klaim uang duka PT Taspen untuk keluarga pensiunan PNS yang meninggal.

Dalam ketentuan Taspen disebutkan bahwa besaran uang duka bagi keluarga pensiunan PNS ini diberikan sebesar 3 kali gaji terakhir almarhum pensiunan.

Selain itu, masih ada tambahan biaya untuk pemakaman senilai Rp7,5 juta, ditambah bantuan beasiswa pendidikan uang putra putri pensiunan PNS sebesar Rp 15 juta dengan jumlah maksimal untuk dua anak.

Berikut cara klaim uang duka PT Taspen untuk keluarga pensiunan PNS yang meninggal yang perlu dipahami;

- Formulir permintaan pembayaran
- Fotokopi SK pensiun
- FC surat kematian yang dilegalisir Lurah/Kepala Desa/Rumah Sakit,
- FC KTP ahli waris.

Selanjutnya, keluarga pensiunan PNS bisa mengajukan klaim ke Taspen baik melalui mitra layanan, bank yang memiliki kerjasama dengan Taspen.

Kemudian, Taspen akan melakukan proses pemeriksaan dokumen dan memberikan pemberitahuan keputusan klaim melalui SMS, telepon, atau email.***

Editor: Arief Mulyadin


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah