Desa Tanjung Payang Palembang Adopsi Desa Antikorupsi Desa Hanura di Pesawaran

- 24 Mei 2024, 23:46 WIB
Desa Tanjung Payang Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan saat study tiru di Desa Hanura, Kecamatan Teluk Pandan, Kabupaten Pesawaran, Lampung terkait Smart Village dan Desa Antikorupsi, pada Jum'at 24 Mei 2024
Desa Tanjung Payang Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan saat study tiru di Desa Hanura, Kecamatan Teluk Pandan, Kabupaten Pesawaran, Lampung terkait Smart Village dan Desa Antikorupsi, pada Jum'at 24 Mei 2024 /pesawaran.pikiran-rakyat.com/
PESAWARAN INSIDE - Desa Tanjung Payang Kecamatan Lahat Selatan Kabupaten Lahat Provinsi Sumatera Selatan mengadopsi desa antikorupsi di Desa Hanura, Kecamatan Teluk Pandan, Kabupaten Pesawaran, Lampung, Jum'at 24 Mei 2024.
 
Kepala Desa Tanjung Payang, Sapri menjelaskan, study tiru Desa Tanjung Payang yang dilaksanakan ini mengadopsi desa antikorupsi meski demikian dimulai  pencegahan terhadap diri sendiri.
 
" Karena itu pentingnya penanaman nilai-nilai antikorupsi dimulai dari diri sendiri, termasuk di lingkungan kerja setelah kami pelajari dan akan diadopsi desa antikorupsi di Desa Hanura, Kecamatan Teluk Pandan, Pesawaran, Lampung," jelas Sapri kepada wartawan, Jum'at 24 Mei 2024.
 
Ia juga memastikan nilai-nilai antikorupsi ini penting tentunya perbuatan korupsi itu harus dihindari oleh sebab itu seorang pemimpin harus mapan dari segi berpikir dan ekonomi maupun mapan berwawasan.
 
" Hal ini supaya terhindar dari perbuatan korupsi seperti penggunaan dana desa, maupun dana negara ini, salah satunya itu yang kami pelajari, terutama penerapan tugas, pokok dan fungsi (tupoksi) dan cara kinerjanya perangkat desa dan kepala desa dengan BPD bersinergi," ungkapnya.
 
Untuk itu, sambung Sapri, Desa Tanjung Payang terus belajar kepada desa-desa lebih maju, salah satunya di Desa Hanura yang sudah lebih maju dalam tata kelola pemerintahan desanya luar biasa sebagai Desa Smart Village dan Desa Antikorupsi.
 
"Dan diinformasikan kepada rekan-rekan Kepala Desa yang ada di Kabupatan Lahat Provinsi Sumatera Selatan untuk berkunjung di Desa Hanura, Kecamatan Teluk Pandan, Kabupaten Pesawaran, Lampung, karena Ilmu yang diberikan Kepala Desa Hanura Rio Remota luar biasa," pungkasnya.
 
Kepala Desa Hanura Rio Remota menyampaikan, Pemerintah Desa Tanjung Kepayang itu study tiru dalam tata kelola pemerintahan desa terkait penerapan tupoksi perangkat desa dan RT maupun tupoksi BPD berbasis Smart Village, sebelumnya juga desa dari Musi Rawas melakukan hal yang sama.
 
" Disisi lain, mereka juga akan mengadopsi desa antikorupsi dengan beberapa indikator yang dipelajari dengan penguatan SDM perangkat desa bersinergi untuk melayani masyarakatnya sehingga terbangun desa maju dan mandiri," jelas Rio.
 
Ketua PKK Desa Hanura, Dwi Senja Septiana Sari menyampaikan program PKK Desa Hanura terus berjalan setiap tahunnya mendukung program kerja Kepala Desa Hanura sesuai tupoksi Pokja dari 10 program kerja PKK.
 
" Jadi, para Kader PKK aktif dan selalu mendukung kerja Kepala Desa. Selain percepatan penurunan kasus stunting dan kemiskinan ekstrem juga melakukan pembinaan kepada para kader," ujarnya.
 
" Alhamdulillah Kepala Desa selalu mendukung, satu diantaranya kader PKK Desa Hanura saat ini membuat olahan produk makanan kuliner atau oleh-oleh makanan, dan itu sudah masuk di Toko Yen-yen Lampung, bahkan kerajinan tapis juga ada," jelas Dwi. ***

Editor: Wahyudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah