AWAS!Pilkada jadi Ajang Cawe-Cawe Penguasa

- 20 Mei 2024, 15:20 WIB
/

PESAWARAN INSIDE- Banyak partai yang mengkhawatirkan momentum Pilkada Serentak 2024 jadi ajang cawe-cawe penguasa untuk memenangkan kandidat yang masih ada hubungan kekeluargaan dengan penguasa.

Misalnya saja, di Lamsel, jika Radityo Egi Pratama melaju di Pilkada Lamsel, potensi sang mertua, Zulkifli Hasan untuk cawe-cawe pun sangat mungkin terjadi.

Padahal, Zulkifli Hasan saat ini masih menjabat sebagai Menteri Perdagangan aktif.

Seperti ketika pileg lalu, Zulkifli Hasan bahkan terindikasi cawe-cawe dengan membagikan sembako kepada masyarakat dengan iming-iming memilih putrinya, Putri Zulkifli Hasan sebagai Anggota DPR RI.

Begitu juga dengan Bobby Nasution, jika Walikota Medan ini maju di Pilgub Sumut, potensi Jokowi untuk cawe-cawe di Pilgub Sumut untuk memenangkan sang menantu juga amat mungkin terjadi.

Potensi cawe-cawe penguasa di Pilkada Serentak 2024 ini bahkan disampaikan pula oleh PDIP yang menyebut potensi cawe-cawe penguasa bukan hanya sekedar indikasi bahkan sudah terlihat dengan jelas.

PDIP merujuk pada upaya cawe-cawe Jokowi yang berencana melanjutkan bansos hingga Desember 2024 sebagai salah satu bukti.

Belum lagi ketika Pilpres lalu, dimana Jokowi juga cawe-cawe untuk pasangan Prabowo-Gibran.

Karenanya, PDIP dan sejumlah parpol lainnya mendesak KPU dan Bawaslu untuk bersikap tegas terhadap penguasa yang melakukan cawe-cawe politik di Pilkada 2024.

Halaman:

Editor: Arief Mulyadin


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah