Yudhistira ANM Massardi dan ‘Rudi Jalak’ yang Gugat

- 3 April 2024, 13:35 WIB
Yudhistira dan Rudi Jalak
Yudhistira dan Rudi Jalak /kolase/ist

PESAWARAN INSIDE – Yudhistira ANM Massardi dimakamkan di TPU Pedurenan Bantar Gebang, Bekasi Barat bakda dzuhur, Rabu 3 April 2024.

Yudhistira meninggal dunia di RSUD Bekasi pada Selasa 2 April 2024 pukul 21.12 malam. Kabar duka ini dibagikan Noorca M Massardi, saudara kembarannya di sejumlah grup WA.

Pria bernama lengkap Yudhistira Ardi Noegraha Moelyana Massardi ini kelahiran Karanganyar, Subang, Jawa Barat pada 28 Februari 1954. Dia merupakan pengarang dari berbagai jenis karya sastra seperti novel, cerpen, puisi, dan naskah sinetron.

Ayah dari musisi Iga Massardi ini meninggal dunia dalam usia 70 tahun. Pada ulang tahunnya, 28 Februari lalu, ia bersama kembarannya Noorca Massardi menggelar peluncuran buku sekaligus pembacaan puisi. Dia juga melakukan roodshow baca puisi bersama penyair Acep Zamzam Noor dan Renny Djajoesman.

Yudhistira pernah menjadi redaktur majalah Le Laki (1976-1978), majalah Tempo (1979-1981), majalah Jakarta Jakarta (1985-1987), majalah Editor (1988), dan majalah Gatra.

Yudhistira ANM Massardi telah menerbitkan buku puisi Rudi Jalak Gugat yang kemudian dianggap “cermin” Yudhis kala itu dalam melihat situasi gejolak zaman. Terutama rezim Orde Baru. 

Yudhistira dan Rudi Jalak seperti satu tubuh yang beda nama saja. Anak muda yang slebor, bercelana jins, bergiwang, baju komprang. Hampir sama dengan tokoh rekaan dalam novel Ali Topan Anak Jalanan yang ditulis Teguh Esha (1977).

Dikutip dari https://ensiklopedia.kemdikbud.go.id/sastra/artikel/Rudi_Jalak_Gugat  menyebutkan kumpulan sajak Rudi Jalak Gugat pernah ditampilkan di Teater Arena Taman Ismail Marzuki begitu kumpulan sajak ini terbit. Ketika itu Yudhistira di depan para penikmat membacakan sajak-sajaknya dan diselingi sajak yang dinyanyikan oleh Franky Sahilatua dan Yudhistira sendiri.

Rudi Jalak Gugat adalah puisi  terpanjang dalam kumpulan itu (204 baris). Isinya mengisahkan nasib seorang anak muda Indonesia bernama Rudi Jalak.

Halaman:

Editor: Isbedy Stiawan ZS


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x