Etos Kerja Elemen Pemerintah Daerah: Bupati Nanang Menggugah Semangat dengan Pesan Bung Karno

- 3 April 2024, 09:15 WIB
/

PESAWARAN INSIDE– Memasuki akhir masa jabatannya, Bupati Lampung Selatan, Hi Nanang Ermanto, nampaknya tak berkeinginan berdiam diri. Sebaliknya, ia berencana untuk menggempur pembangunan daerah dengan strategi baru yang melibatkan seluruh elemen pemerintah daerah, dari PNS, ASN, hingga tenaga honorer, sesuai dengan bidang masing-masing.

Tak hanya sekadar retorika, bukti nyata terlihat dalam sambutannya saat penyaluran bantuan insentif bagi guru honorer di Aula Krakatau pada Senin (1/4). Bupati Nanang tak ragu untuk menggugah semangat para pegawai dengan mengutip pesan inspiratif dari Bung Karno.

"Kita harus berubah mindset. Bukan lagi 'apa yang saya dapat', melainkan 'apa yang saya berikan'. Jangan biarkan pamrih menghalangi pengabdian kita. Seperti kata Bung Karno, 'jangan tanyakan apa yang Kabupaten Lampung Selatan berikan kepada mu, tapi tanyakan apa yang sudah anda berikan untuk daerah Kabupaten Lampung Selatan'," ungkap Nanang Ermanto, sembari menegaskan pentingnya pengabdian tulus dalam bekerja.

Pria yang juga pernah menjabat sebagai anggota DPRD Lamsel ini menekankan bahwa semangat pengabdian merupakan kunci utama untuk mencapai hasil yang maksimal dalam pembangunan daerah, baik secara langsung maupun tidak langsung.

Namun, tidak hanya pembangunan fisik yang menjadi fokusnya. Nanang Ermanto juga menyoroti Indeks Pembangunan Manusia (IPM) sebagai tolok ukur keberhasilan pembangunan. Baginya, pembangunan manusia merupakan fondasi utama yang harus dibangun secara serius.

"Dibalik gemerlapnya pembangunan fisik, kita tak boleh melupakan pembangunan manusia. SDM yang berkualitas akan membantu kita mengelola semua sumber daya yang ada dengan efektif. Tanpa itu, potensi alam dan ekonomi yang melimpah akan menjadi sia-sia. Pembangunan manusia adalah kunci utama menuju kemakmuran dan kesejahteraan yang berkelanjutan," tandasnya.

Dengan semangat yang diinspirasi oleh pesan-pesan besar tokoh sejarah, Bupati Nanang Ermanto berharap agar semua elemen pemerintah daerah dapat bersinergi dalam upaya meningkatkan kualitas hidup masyarakat Lampung Selatan ke arah yang lebih baik. Sembari itu, ia juga mengajak untuk senantiasa bersyukur atas segala rahmat yang telah diberikan Tuhan selama ini.***

Editor: Arief Mulyadin


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x