Tergerus Longsor, Dinas BMBK Segera Perbaiki Bahu Jalan Provinsi di Pesawaran

- 2 April 2024, 22:49 WIB
Kepala Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi Provinsi Lampung M. Taufiqullah, bersama Kabid Pemeliharaan UPTD 1 Alviardian pada Senin 01  April 2024 meninjau lokasi bahu jalan tergerus longsor pada ruas jalan lempasing-padang cermin di Pematang Awi Desa Dantar Kecamatan Padang Cermin, Pesawaran.
Kepala Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi Provinsi Lampung M. Taufiqullah, bersama Kabid Pemeliharaan UPTD 1 Alviardian pada Senin 01 April 2024 meninjau lokasi bahu jalan tergerus longsor pada ruas jalan lempasing-padang cermin di Pematang Awi Desa Dantar Kecamatan Padang Cermin, Pesawaran. /Wahyudin/
PESAWARAN INSIDE- Pasca bahu jalan Provinsi tergerus longsor, Dinas Bina Marga dan Bina Kontruksi (BMBK) Provinsi Lampung gerak cepat memperbaiki bahu jalan di ruas jalan Lempasing dan Padang Cermin, Desa Dantar Kecamatan Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran, Lampung.
 
Kepala Dinas Bina Marga dan Bina Kontruksi (BMBK) Provinsi Lampung M.Taufiqullah mengungkapkan, perbaikan bahu jalan tersebut segera dilaksanakan pada ruas jalan Lempasing dan Padang Cermin, pasca longsor terjadi beberapa hari lalu setelah meninjau langsung ke lokasi kemarin.
 
 
" Bahu jalan tersebut segera dibangunkan talud untuk penahan konstruksi tanah agar tidak bergeser dan tetap terjaga meski demikian juga pentingnya menjaga lahan bukit tidak dikeruk sembarangan dengan tetap memperhatikan analisis mengenai dampak lingkungan (AMDAL)," jelas Taufiq kepada wartawan Selasa 02 April 2024.
 
Ia juga menyebutkan, kerusakan bahu jalan pada ruas jalan lempasing-padang cermin terdapat dua titik rusak parah, selain dekat pembuangan sampah dan di tingkungan pematang liang Desa Dantar Kecamatan Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran.
 
" Bahu jalan tergerus longsor itu segera bangun talud dengan diperkuat gelang-gelang pada dindingnya agar tidak konstruksi tanah tidak bergeser, kemudian dilakukannya pembersihan siring dan gorong-gorong saat tengah ditangani  tim UPTD 1," jelas Taufiq.
 
 
Kepala UPTD I Dinas BMBK Provinsi Lampung, Ahmad Barden Mogni menambahkan, tim UPTD I telah turun langsung meninjau longsor melanda baju jalan provinsi pada ruas jalan lempasing-padangcermin, tepatnya berada di Desa Dantar Kecamatan Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran.
 
" Tim UPTD 1 langsung melakukan evakuasi yang telah ditindai dengan garis polis, kemudian ditinjau kembali oleh pimpinan untuk segera melakukan perbaikan dan pembersihan bahu jalan terkena longsor di wilayah tersebut, tentunya kami akan berkoordinasi dan melibatkan pemerintah desa dan pihak kecamatan setempat," pungkasnya didampingi Kasi Jembatan Burlian UPTD1 Dinas BMBK Provinsi Lampung itu.
 
Sementara itu, Camat Padang Cermin Asnawi memastikan bahu jalan tergerus longsor pada ruas jalan lempasing padang cermin yang berada di Pematang Liang itu tentu secepatnya diajukan usulan ke Dinas Bina Marga dan Bina Kontruksi (BMBK) Provinsi Lampung untuk diperbaiki dan dibangunkan talud penahan longsor.
 
" Disisi lain juga akan dilaksanakan pembersihan oleh TNI - Polri bersama Masyarakat diprakarsai oleh Brigif 4 Marinir/BS dijadwalkan Rabu besok 03 April 2024," tandas Camat Padang Cermin kepada wartawan Selasa 02 April 2024.***
 

Editor: Wahyudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x