Antisipasi Potensi Bencana: Tim Reaksi Cepat (TRC) Lamsel Lakukan Rakor

- 27 Februari 2024, 09:53 WIB
/

PESAWARAN INSIDE- Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan (Pemkab Lamsel) melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menggelar rapat koordinasi Tim Reaksi Cepat (TRC) di Aula Krakatau, kantor bupati setempat. Rapat tersebut dihadiri oleh berbagai instansi terkait, termasuk OPD, Kodim 421/LS, Polres Lampung Selatan, dan organisasi non-pemerintah (NGO), sebagai langkah antisipasi terhadap potensi bencana di wilayah tersebut.

PERSPEKTIF JURNALISTIK:
Pada Senin 26 JANUARI 2024, Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan (Pemkab Lamsel) melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menyelenggarakan Rapat Koordinasi Tim Reaksi Cepat (TRC) di Aula Krakatau, kantor bupati setempat. Rapat yang dipimpin oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Lampung Selatan, Thamrin, dihadiri oleh berbagai instansi terkait seperti OPD, Kodim 421/LS, Polres Lampung Selatan, dan NGO.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Lampung Selatan, Ariswandi, menjelaskan bahwa tujuan rapat koordinasi ini adalah untuk mengantisipasi potensi bencana yang mungkin terjadi di wilayah Lampung Selatan. Hal ini dilakukan dengan meningkatkan kesiapsiagaan semua sektor terkait, terutama BPBD.

"Peningkatan kesiapsiagaan semua sektor terkait, terutama BPBD, menjadi penting mengingat adanya beberapa jenis potensi bencana yang dapat mengancam wilayah Lampung Selatan," ujar Ariswandi.

Dalam penjelasannya, Ariswandi menyebutkan beberapa potensi bencana tersebut, antara lain tsunami, banjir, cuaca ekstrim, puting beliung, kekeringan, tanah longsor, kebakaran hutan dan lahan, serta letusan gunung api. Dia juga menyoroti cuaca ekstrim yang telah menyebabkan banjir di beberapa daerah, seperti yang terjadi di Natar.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Lampung Selatan, Thamrin, menegaskan bahwa melalui rapat koordinasi ini diharapkan dapat dilakukan pemetaan risiko, penentuan langkah-langkah antisipasi, serta koordinasi dan kolaborasi antarinstansi untuk meningkatkan respons dan penanggulangan bencana secara efektif dan efisien.

"Dengan adanya Tim TRC ini, diharapkan kita semua dapat melakukan langkah-langkah antisipatif serta pelaksanaan penanggulangan bencana yang efektif di lapangan," ujar Sekda Thamrin.***

Editor: Dian Apriwanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah